Pasar Splendid: Wisata Tanaman Hias di Tengah Kota

Share this :

Malang, koranmemo.com – Pasar Splendid yang terletak di Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, memiliki akses yang mudah dikunjungi karena lokasinya berada di tengah kota. Bagi pecinta flora dan fauna, kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Malang tapi belum ke pasar ini.

Menurut Dedik (36), salah satu penjual bunga di Pasar Splendid, meskipun tidak seperti kota tetangganya, yakni Kota Batu yang banyak tempat wisata, namun jika hanya sekadar ingin mencari tanaman hias tak perlu jauh-jauh datang ke sana. “Cukup datang kemari, silakan berswafoto. Kalau ada bunga yang anda suka silahkan dibeli,” guraunya sambil tertawa lebar.

Dedik menata rapi puluhan tanaman dari ujung ke ujung kios miliknya. Bunga sri rejeki (Aglonema), kerokot (Portucala), bunga anggrek (Orchidaceae), mawar (Rosa), bonsai serut (Streblus asper), bibit tanaman jeruk (Citrus), klengkeng (Dimocarpus longan) dan juga apel (Malus domestica) tertata indah dikios milik Dedik.

Harga tanaman yang dijual beragam, mulai termurah Rp 3 ribu seperti bunga krokot hingga termahal Rp10 juta seperti jenis tanaman bonsai serut.

Meski sempat sepi pembeli karena wabah virus Corona, kios Dedik tetap buka. “Dulu ada satu hari, yang tidak satupun tanaman terjual. Tapi saya tetap berjualan karena ini adalah satu-satunya mata pencaharian saya. Dan alhamdulillah beberapa minggu terakhir, pasar ini mulai ramai pengunjung,” tutur Dedik.

Diah (21) pembeli asal Sidoarjo, mengaku senang berkunjung ke Pasar Splendid. “Penjualnya ramah-ramah. Banyak sekali jenis tanaman disini dan harganya juga terjangkau,” ujarnya.

Reporter: Mokhammad Sholeh
Editor: Della Cahaya