Partai Perindo Laporkan Akun Facebook, Polisi Segera Periksa Saksi

Share this :

Sidoarjo, koranmemo.com – Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris mengatakan, sudah menerima laporan dari DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kab. Sidoarjo yang melaporkan akun facebook atas dugaan ujaran kebencian atau Hate Speech.

Akun media sosial facebook atas nama Heru Dwi ini sebelumnya juga pernah dilaporkan PDIP. Namun berbeda dengan pengaduan dari DPC PDIP Sidoarjo, petugas langsung membuatkan laporan kepolisian (LP) terhadap kader DPD Perindo.

Dikatakan, para kader DPC PDIP Sidoarjo sebelumnya berkonsultasi dengan Siwas Polresta Sidoarjo. Jadi, petugas SPKT tidak langsung membuatkan LP. Laporan itu mendapat tindak lanjut sehari kemudian dengan pembuatan LP. “Dua-duanya sekarang sudah dibuatkan LP. Nantinya saya disposisikan ke unit yang menangani,” tuturnya.

Harris menjelaskan, prosedur penanganan laporan tidak berbeda dengan perkara lain. Penyidik bakal memanggil para saksi dan mengumpulkan barang bukti.

“Keterangan mereka, baik pelapor dan terlapor dimasukkan ke dalam BAP (Berita Acara Pemeriksaan, Red). Dilakukan secara bertahap, dimulai dari saksi pelapor,” ungkapnya.

Mantan Kapolsek Simokerto, Surabaya, itu menambahkan, masyarakat harus santun menggunakan media sosial (medsos). Jangan mengumbar kebencian tanpa batas. Sebab, setiap orang bakal memiliki persepsi sendiri.

“Bukan tidak mungkin unggahan pada akun berdampak pada proses hukum karena ada yang merasa tidak terima. Hati-hati sebelum bertindak,” imbaunya.

Seperti diketahui,  pemilik akun media sosial Facebook Heru Dwi kembali menjadi pihak terlapor atas dugaan ujaran kebencian atau Hate Speech. Kali ini pihak pelapornya adalah DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kab. Sidoarjo.

Pemilik akun Facebook (FB) yang diduga seorang dokter di RSUD Kab. Sidoarjo itu dilaporkan ke Polresta Sidoarjo atas tulisan status-nya di halaman FB miliknya. Isi tulisannya adalah : “SEJAK AWAL BAGI UMMAT ISLAM PARTAI PERINDO ITU …. HARAM”

“Terus terang kami sangat dirugikan atas ulah pemilik akun ini. Ini termasuk ujaran kebencian dan pengurus sepakat untuk membawa masalah ini ke hukum,” ujar Kuasa Hukum DPD Partai Perindo Kab. Sidoarjo, Kuswandi usai melapor ke Mapolresta Sidoarjo, Jumat (20/10/2017).

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.