Partai Berkarya Ajukan Permohonan Sengketa

Share this :

Jombang, koranmemo.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang telah menetapkan 65 bakal calon legislatif (bacaleg) Tidak Memenuhi Syarat (TMS), dari total 574 bacaleg. Salah satu komposisi bacaleg yang dinyatakan TMS berasal dari Partai Berkarya. Dari 26 bacaleg, 9 diantaranya TMS.

Hal ini membuat pengurus partai mengajukan permohonan sengketa tahapan pemilu ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jombang, Senin (13/8).Sekretaris DPD Partai Berkarya Adang Dwi Widagdo mengatakan, pengajuan permohonan sengketa dilakukan setelah adanya beberapa poin yang belum sepaham antara parpol dengan KPU terkait alasan TMS beberapa bacalegnya.

“Sudah saya ajukan tadi dan sudah mendapatkan nomer registrasi,” kata Adang saat diwawancara wartawan, Senin (13/8) petang.

Diungkapkan, dari 9 bacaleg yang dinyatakan TMS, pihak parpol masih belum sepaham terkait beberapa penyebab TMS seperti soal ijazah. “Jadi bukan tidak sepakat menyeluruh (9 bacaleg) ya. Kalau yang TMS karena memang krusial sesuai aturan baku seperti keterangan pengadilan, SKCK, kesehatan kita sepakat dan memang tidak bisa ditawar lagi. Namun soal ijazah kita masih belum sepaham, masih beda penafsiran,” ungkapnya.

Untuk itu, Adang menegaskan pihaknya memutuskan untuk mengajukan permohonan sengketa dengan obyek berupa keputusan KPU. “Untuk itu kita meminta Panwaslu untuk memediasi,” tegasnya.

Terpisah, Komisioner Panwaslu Kabupaten Jombang Ahmad Udi Masjkur saat dikonfirmasi soal pengajuan permohonan sengketa Partai Berkarya mengatakan, setiap peserta pemilu memang dapat memohonkan sengketa proses atas dikeluarkannya keputusan KPU dalam kaitannya tahapan pemilu. “Diterima oleh petugas help desk,” kata Udi kepada wartawan.

Lebih lanjut, Udi menyampaikan bahwa akan membahas dalam rapat mengenai data yang masuk di help desk. “Akan kita rapatkan hari ini (13/9). Kalau hari ini hal yang dipermohonkan sudah masuk, itu nanti kami akan segera tindaklanjuti,” pungkasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu