Parpol Tak Harus Cabut Dukungan Terlebih Dahulu

Share this :

Kediri, korannemo.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri masih membuka kesempatan bakal pasangan calon (bapaslon) yang ingin mendaftar pada tahapan Pilbup Kediri 2020.

Mengenai kabar partai politik (parpol) yang ingin mencabut dukungan, belum berkoordinasi dengan KPU. Namun, untuk mengusung bapaslon lain, parpol tidak harus mencabut dukungan terlebih dahulu.

“Memang tidak ada yang mengatur seperti itu, yang jelas syarat pencalonan (pendaftaran) terpenuhi,” ujar Anwar Ansori, Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Minggu (13/9).

Mengenai pencabutan dukungan ini terdapat pada Surat nomor 758/PL.02.2-SD/06/KPU/IX/2020 mengenai Penjelasan Ketentuan Pasal 102 yang diterbitkan pada 11 September 2020.

Dalam surat tersebut menegaskan kembali terhadap pelaksanaan ketentuan Pasal 102 ayat (1) huruf b Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan PKPU Nomor 9 Tahun 2020.

Gabungan parpol atau beberapa parpol tersebut mendaftarkan bapaslon lain dan menyampaikan pendaftarannya dengan menandatangani formulir Model B-KWK PARPOL yang merupakan persyaratan pencalonan.

Apabila terdapat pengambilalihan kewenangan pendaftaran bapaslon oleh Pimpinan Partai Politik Tingkat Pusat, pendaftaran harus menyertakan Keputusan Pimpinan Partai Politik Tingkat Pusat tentang pengambilalihan wewenang parpol tingkat kabupaten atau kota dalam pendaftaran bakal pasangan calon.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Della Cahaya