Parpol Belum Kumpulkan Data, KPU Tak Akan Beri Toleransi

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Komisioner KPU Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur , Suripto mengingatkan pihaknya tidak akan memberikan toleransi bagi partai politik yang belum melengkapi dokumen pada tenggat waktu 16 Oktober mendatang. Hal ini mengingat saat ini (11/10) belum ada satupun partai politik di Trenggalek yang memberikan berkas data sesuai Peraturan KPU no 7 tahun 2017.

“Tidak ada toleransi untuk dilengkapi, ketika mendaftar sudah harus lengkap. Dan itu sudah kita sampaikan sejak awal,” tegasnya di kantor KPU, Jalan Raya Trenggalek- Ponorogo, Rabu, (11/10).

Suripto melanjutkan, bila dokumen tidak lengkap, pada prinsipnya akan dikembalikan. Dan KPU akan menunggu sampai hari Selasa 16 Oktober sampai jam 00.00 tengah malam, dan tidak memberi kesempatan bagi Parpol jika ada kekurangan berkas walau itu hanya sedikit. Apabila lewat dari waktu tersebut Parpol dinyatakan tidak mendaftar.

“Dikembalikan, prinsipnya tanggal 16 oktober pukul 00. 00 WIB. Katakanlah datang pukul 23.30 WIB bawa sebagian besar, kurang sebagian kecil, itu kita kembalikan,” jelasnya.

Ripto , panggilan akrabnya mengingatkan, intinya bagi Partai Politik yang ingin mendaftar harus melengkapi dokumen, tidak bisa dicicil. Kalo masih kurang maka itu kita isi tidak, kemudian kita kembalikan seluruh dokumennya. Jadi tambahnya, tidak akan ada dokumen partai kalau belum lengkap nanti yang sisanya menyusul, itu tidak ada.

“Kenapa demikian, nanti kalau sebagian dulu, terus nyusul lagi sebagian lagi dikhawatirkan nanti dokumennya tercerai berai. Bahkan di dalam juknis (petunjuk teknis) kita susunan dokumen pun sudah diatur. Ada 11 dokumen,” tutupnya.

Terpisah, Suparni, Tim penghubung PDI Perjuangan Kabupaten Trenggalek  mengaku sudah hampir 90 persen data yang disiapkan partainya . Ia mengaku tiga hari lagi data yang dikumpulkan melalui jalur elektronik , baik melalui sistem e-KTA ataupun melalui akun Wathshaap ataupun email.“Kita sudah pakai sistem kartu anggota dengan elektronik seperti KTP el,” pungkasnya.

Reporter : Puthut Purbantara

Editor : Hamzah Abdillah

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.