Parkir di Atas Trotoar, Belasan Motor Ditilang Rp 500 Ribu

Blitar, koranmemo.com – Belasan sepeda motor yang parkir di atas trotoar di sepanjang jalan Merdeka Kota Blitar,Rabu (27/03) pukul 10.30 WIB ditilang petugas Satlantas Polres Blitar Kota karena parkir secara liar.Hal ini dilakukan setelah pihak kepolisian sebelumnya melakukan sosialisasi jika trotoar merupakan sarana umum bagi pejalan kaki dan bukan untuk parkir kendaraan.

“Ini tindakan pertama kali untuk penilangan, karena sebelumnya kami telah melakukan sosialisasi, para pelanggar parkir liar langsung kami tilang menggunakan surat tilang warna biru dikenakan denda senilai Rp 500.000,” kata Ipda Samsul ,saat menilang kendaraan di Jalan Merdeka Kota Blitar,Rabu (27/03).

Selain itu, pelaksanaan penilangan terhadap parkir liar ini akan terus dilakukan dan lokasinya akan berpindah. Namun untuk biaya yang menentukan dari kejaksaan, untuk biaya di bank memang Rp 500 ribu namun setelah disidangkan maka berapa denda nya nanti sisanya akan dikembalikan.

Sementara itu, disampaikan jika pelaksanaan operasi penilangan ini bukan hanya unntuk kendaraan roda dua, namun semua kendaraan yang melanggar akan kena tilang. Untuk lokasi razia dikatakan tidak ada jadwal namun ini akan dilaksanakan selama petugas mendapatkan pelanggaran dimanapun.

” Sementara kita fokus di jalan protokol dulu, kemudian lanjut di jalan arteleri lainnya di kota blitar,” ungkapnya.

Dijelaskan jika langkah yang dilakukan pihak Satlantas Polres Blitar Kota ini bukan semata-mata untuk mencari penilangan namun it mengedepankan fungsi trotoar tersebut.Diharapkan pengguna kendaraan lebih mentaati fungsi dan kegunaan trotoar itu sendiri.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date