Pantau UNBK di SMAN 1 Kota Blitar Lewat Kamera CCTV

Share this :

Blitar, koranmemo.comPelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMAN 1 Kota Blitar diawasi dengan kamera closed circuit television (CCTV). Aktivitas para peserta UNBK dapat dipantau langsung lewat monitor yang diletakkan di ruang kepala SMAN 1.
“Pengawasan UNBK lewat CCTV. Kepala sekolah bisa ikut mengawasi para siswa dari ruangan,” kata Plt Wali Kota Blitar, Santoso, saat mengecek pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Kota Blitar, Senin (1/4).

Plt Wali Kota Blitar mengecek pelaksanaan UNBK SMA bersama Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar dan Dandim 0808/Blitar, Letkol Inf Kris Bianto. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar, Trisilo Budi Prasetyo, juga ikut mendampingi.

Plt Wali Kota Blitar bersama Kapolres dan Dandim sempat melihat-lihat ruang pemantau kamera CCTV di ruang kepala SMAN 1. Selanjutnya, rombongan  juga mengecek langsung pelaksanaan UNBK di ruang komputer.   “Mudah-mudahan semua siswa lulus 100 persen,” ujar Santoso.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kota Blitar, Johan Edy Prastiwo mengatakan jumlah siswa SMAN 1 yang ikut UNBK sebanyak 336 siswa. SMAN 1 punya lima ruang komputer untuk pelaksanaan UNBK. Tiap ruang berisi 36-40 unit komputer. Dengan lima ruang komputer itu, pelaksanaan UNBK di SMAN 1 hanya dibagi dua sesi. “Kalau tidak mencukupi biasanya pelaksanaan UNBK dibagi menjadi tiga sesi,” kata Johan.

Dikatakannya, pelaksanaan UNBK pada hari pertama berjalan lancar. Tidak ada kendala soal server mati maupun listrik padam. Para siswa juga bisa mengerjakan soal ujian di sesi pertama selesai tepat waktu.

 “Selain ada pengawas di ruangan, kami juga memantau pelaksanaan ujian lewat CCTV. Monitor untuk pemantau ujian lewat CCTV berada di ruang kepala sekolah,” ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar, Trisilo Budi Prasetyo mengatakan jumlah total siswa SMA yang mengikuti UNBK sebanyak 4.436 siswa. Rinciannya, siswa SMA di Kabupaten sebanyak 2.858 anak dan siswa SMA di Kota Blitar sebanyak 1.578 anak.

Sedangkan jumlah total SMA di Kota Blitar dan Kabupaten Blitar ada 33 lembaga. Sebanyak 22 SMA di wilayah Kabupaten Blitar dan 11 SMA di wilayah Kota Blitar.   “Untuk anak didik di LPKA yang ikut UNBK hanya sembilan anak. Mereka melaksanakan ujian di SMA YP Kotamadya,” kata Trisilo.

Repoter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date