Panglima: TNI Punya Kemampuan Untuk Penanggulangan Ancaman Teroris

Malang, koranmemo.com – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa TNI memiliki kemampuan untuk penanggulangan dan menangani masalah terkait ancaman aksi teroris. Hal tersebut disampaikan oleh Panglima TNI terkait wacana pelibatan TNI dalam penanggulangan terorisme di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  usai menghadiri acara silaturahmi Panglima TNI bersama arek Malang di Pendopo Kabupaten Malang, Selasa (30/1).

Menurutnya, sesuai dengan fungsinya, TNI adalah melaksanakan pencegahan, penindakan dan pemulihan dengan diimplementasikan dalam tugasnya adalah menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan dan melindungi keselamatan bangsa.

“Oleh sebab itu saya menulis surat kepada pansus Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk mewadahi permohonan saya, dengan catatan devinisi dari teroris menurut pandangan TNI adalah kejahatan Negara,” ungkapnya.

Dia sebelumnya mengeluarkan surat berisi saran TNI terhadap Rancangan Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Panglima menginginkan Undang-Undang Nomor 15 tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme diubah menjadi penanggulangan aksi terorisme.

Dia meminta dimasukkan satu pasal tentang tugas dan peran TNI di undang-undang tersebut untuk menjaga, menegakkan kedaulatan, dan menjamin keselamatan bangsa. Mudah-mudahan ini berhasil sehingga mewadahi kemampuan TNI agar bisa melaksanakan penanggulangan ancaman teroris demi tegaknya NKRI. “Ini dimensi saya sebagai penanggung jawab atau pemegang TNI sedangkan untuk dimensi politik terserah pandangan dari pansus tersebut,” pungkasnya.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.