Pandemi, Penjualan Tanaman Hias di Kediri Meningkat 

Kediri, koranmemo.com – Saat pandemi Covid-19, banyak orang berburu tanaman hias untuk mengisi waktu ketika berada di rumah. Hal itu membuat penjualan tanaman hias di Kediri meningkat.

 

Reni, salah satu penjual tanaman hias asal Dusun Bedug, Desa Mangunrejo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri mengatakan, sebelum tahun baru penjualan tanaman hias mulai naik. Menurutnya, banyak yang mulai menekuni hobi bercocok tanam bunga di halaman rumah.

 

“Naik 20 persen hingga 40 persen dari bulan sebelumnya. Ya biasanya, ratusan buah sekarang hampir seribu tanaman hias bisa terjual dalam sebulan,” katanya.

 

Harga tanaman hias bervariasi antara Rp 1.500 per buah hingga Rp 25 ribu per buah. Harga tersebut tergantung pada kesuburan tanaman dan jenisnya. Kalau jenisnya langka dan banyak dicari, harganya bisa lebih mahal. “Kalau yang ukurannya besar ya bisa ratusan ribu rupiah harganya,” ujarnya.

 

Reni menuturkan, setiap hari ada pembeli yang datang untuk dijual kembali. Biasanya mereka membeli dalam jumlah yang besar. Nantinya, tanaman yang mereka beli akan dijual ke Jakarta dan Madiun. “Ada berbagai macam jenis yang dibeli. Mulai palem, mawar, krokot macan, keladi, dan berbagai jenis tanaman hias Belinya bisa ratusan buah,” tuturnya.

 

Reporter : Yachya Muchamad

Editor : Achmad Saichu