Pandemi Covid-19, PPDB Surabaya Melalui Aplikasi Online

Share this :

Surabaya, koranmemo.com – Dinas Pendidikan (Dispendik) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyediakan aplikasi berbasis android untuk Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) bagi siswa jenjang tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri tahun ajaran 2020/2021. Aplikasi PPDB Surabaya ini bisa diunduh para orangtua atau Calon Peserta Didik Baru (CPDB) melalui Google Play Store.

Kepala Dispendik Kota Surabaya, Supomo menyampaikan bahwa, aplikasi PPDB berbasis android tersebut dibuat sesederhana mungkin. Yang bertujuan, untuk mempermudah para wali murid atau Calon Peserta Didik Baru (CPDB) untuk mendapat akses layanan PPDB ini.”Aplikasi yang kita buat sesederhana, sehingga semua dapat menggunakan. Dengan mengakses melalui Play Store PPDB Kota Surabaya tahun 2020. Nah, dari situ nantinya sudah ada fitur yang selanjutnya digunakan memilih,” terangnya, Senin (1/6/2020).

Menurut Supomo, selain aplikasi berbasis mobile, pihaknya sebelum itu menyediakan laman PPDB berbasis web. Demikian terkait untuk PPDB jenjang SMP, bisa di akses melalui https://ppdb.surabaya.go.id.

Dikatakan, dedangkan, PPDB tingkat SD melalui laman https://ppdbsd.surabaya.go.id. “Bahwa, semua segi syarat ketentuan, alur pendaftaran, hingga jadwal penerimaan PPDB dapat terakses pada laman web ataupun juga melalui aplikasi android,” ujarnya.

Dikatakan, pada PPDB ini ada sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, situasi masih pandemi Covid-19, Pemkot berupaya agar semua warga Surabaya mendapat akses sekolah itu.

Oleh karenanya itu, Supomo memastikan, pihaknya akan selalu hadir memberikan layanan terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan. Terutama,  faktor bagi keluarga yang kurang mampu agar mendapat akses pendidikan cukup layak.

“Daya tampung sekolah negeri tidak sebanding dengan jumlah lulusan. Sehingga, mereka tetap ada yang sekolah di negeri dan ada juga yang bersekolah di swasta,” katanya.

Selanjutnya, Ia akan tetap mengoptimalkan daya tampung penerimaan siswa ini khususnya bagi PPDB yang berasal dari keluarga kurang mampu. “Kami akan tingkatkan daya tampung bagi keluarga kurang mampu dengan penambahan ini hanya menuju kepada keluarga kurang mampu, tapi bukan untuk yang lain,” jelas Supomo.

Reporter: M Fauzi
Editor: Achmad Saichu