Pagelaran Seni Budaya Kabupaten Kediri di Anjungan TMII. Dengan Tema “Amestuti Budaya Leluhur Angesthi Kediri Misuwur”

Share this :

Jakarta, Koranmemo.com – Duta seni budaya Kabupaten Kediri mengikuti  pementasan dalam acara Pagelaran Anugrah Duta Seni Budaya Kabupaten Kediri di  Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta,Minggu (5/08/2018). Acara yang diprakarsai Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur di Jakarta.

Pementasan dengan tema “Amestuti Budaya Leluhur Angesthi Kediri Misuwur” Duta seni budaya Kab. Kediri menampilkan tari, lagu daerah serta drama tari. Acara dibuka dengan tarian Langen Putri Ganda Sari, yang merupakan tarian dengan ritual sesaji sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan.

Acara dilanjutkan dengan penampilan Tari Suran Pamenang, yang merupakan simbol ritual untuk reresik diri (menyucikan diri), ngalab berkah (mencari keberkahan), serta kesejahteraan dalam hidup. Biasanya diadakan arak-arakan setiap 1 Suro (awal bulan Muharram), sebagai simbol kemasyuran Sri Aji Jayabaya dengan anugerah Jangka Jayabaya.

Penampilan berikutnya yaitu Tari Gagahan Topeng Panji Alus. Tarian yang menggambarkan ketangkasan para prajurit Panji dalam membela negara. Ketrampilan, kesigapan, tegas dan berwibawa adalah perwujudan dari karakter prajurit Panji. Setelah acara tari dilanjutkan dengan gelar lagu daerah  berjudul Kediri Lagi.yang dibawakan empat penyanyi wanita dengan iringan gamelan.

Kepala Badan Penghubung Daerah Prov. Jatim Drs. Dwi Suyanto, M.M melalui Kasubid Pengelolaan Anjungan Bapengda Samad Widodo, SS. MM. menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terkait khususnya Pemkab Kediri yang telah berpartisipasi mengirimkan duta-duta seni budaya.

“Sesuai dengan tugas dan fungsinya, Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur  adalah sebagai penghubung serta pendukung yang menjembatani seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur untuk mempromosikan daerahnya, terutama seni dan budaya untuk tampil di Anjungan Jawa Timur TMII. Dengan acara promosi ini diharapkan seni budaya dan wisata seluruh daerah di Jawa Timur semakin dikenal masyarakat luas, khususnya di Jakarta,” katanya.

Kepala Bidang Kebudayaan Patarina, S.Hut mengatakan dengan berpondasikan budaya penuh dengan filosofi, estetika dan etika, digunakan sebagai pijakan untuk menciptakan Kediri yang ayem tentrem, masyur, gemah ripah loh jinawi.

“Besar harapan tampilnya duta seni budaya Kab. Kediri ini bisa memperkenalkan potensi-potensi wisata khususnya di bidang seni dan budaya kepada masyarakat luas, sehingga bisa menarik wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kediri untuk menikmati langsung seluruh pesona wisatanya,”ujarnya.

Editor Bambang Iswahyoedhi.