Padam Sejak Pukul 11.27 WIB, Sebagian Listrik Mulai Menyala

Kediri, koranmemo.com – Listrik padam secara masal terjadi di hampir seluruh wilayah di Jawa Timur mulai pukul 11.27 WIB salah satunya di Kediri, Rabu (5/9). Humas PLN Area Kediri, Aris Rohmad mengatakan, listrik padam terjadi di Kediri, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, Pacitan, Jember, Banyuwangi, Situbondo, Madura, Probolinggo, dan sebagian besar Pulau Bali. Pedaman ini karena terjadi gangguan pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Pacitan.

“Listrik padam ini karena adanya gangguan di sisi pembangkit, bukan karena pemadaman yang direncanakan oleh PLN. Penyebab gangguan saat ini dalam proses penelusuran pada sisi pembangkitan dan sisi transmisi,” ujarnya kepada koranmemo.com Rabu (5/9).

Ditambahkan, beberapa titik di Kediri sudah mulai menyala sejak pukul 14.00 WIB salah satunya di Jalan Jayabaya, dan Mayor Bismo. Selain daerah tersebut, PLN Area Kediri tidak mendapatkan izin untuk menyalakan beberapa saluran di area Kediri lainnya. “Di Kediri baru sedikit yang sudah menyala, karena bertahap. Dari sana diprioritaskan di Bali terlebih dahulu, dan sekarang sudah menyala semua di daerah Bali,” jelasnya.

Sampai kapan listrik ini akan menyala keseluruhan? PLN Area Kediri belum bisa memastikan karena sistem gangguan terjadi pada PLTU. Dari 68 saluran listrik di PLN Area Kediri hanya diizinkan untuk menyalakan 13 saluran saja, sedangkan sisanya belum ada kepastian kapan akan menyala.

“Kita mau menyalakan ini tidak bisa karena langsung dari sana. Sampai saat ini baru 13 saluran dari 68 saluran di Kediri yang sudah menyala, kita utamakan objek-objek vital seperti kantor Polisi, Rumah Sakit, dan lainnya. Kita tidak bisa memastikan kapan ini bisa menyala keseluruhan,” katanya.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date