PAD Minim, Kinerja Dispora Dipertanyakan

Ponorogo, koranmemo.comKinerja Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Ponorogo tampaknya perlu dipertanyakan. Ini menyusul tidak optomalnya pengelolaan sejumlah aset penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Salah satunya, kolam renang Tirto Menggolo di Jalan Pramuka Kota Ponorogo. Sejak dikelola Bidang Olah Raga Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (sekaranga Dispora) Ponorogo pada 2016 lalu, PAD dari karcis masuk dan sewa ruko selalu tidak memuaskan.Dari data di Dispora Ponorogo tercatat, PAD dari Tirto Menggolo tahun 2017 hanya mampu menyumbang Rp 61 juta per tahun dari target Rp 60 juta setahunya. Kondisi ini diperparah dengan kosongnya 3 bangunan ruko dari 4 bangunan ruko yang ada di kolam renang milik Pemkab tersebut.

Kondisi ini, tidak sejalan dengan target PAD pasca revitalisasi 2016 lalu. Tirto Menggolo yang di Face Off dengan dana Rp 1,8 miliar dari APBD 2013, diklaim mampu menghasilkan PAD pertahun Rp 80 juta.

Kepala Dispora Bambang Nurcahyo membenarkan kondisi miris yang dialami Tirto Menggolo tersebut. Ia menuding lemahnya publikasi saat dipegang oleh Dinas Pariwisata menjadi faktor utama jebloknya PAD Tirto Menggolo.” Mungkin kurang sosialisasi, harusnya sosialisasi ke sekolah- sekolah. Banyak yang harus dibenahi disana,” dalihnya, Selasa (17/4).

Mantan Camat Ponorogo ini pun berdalih, Dispora merupakan dinas baru di Pemkab Ponorogo, sehingga belum maksimal dalam mengelola Tirto Menggolo.” Kita kan baru, saya juga baru 2017 jadi kepala dinas, jadi belum paham dengan Tirto Menggolo,” kelitnya.

Reporter: Zainul Rohman

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date