Pabrik Penggilingan Tebu di Blitar Ludes Terbakar

Blitar, koranmemo.com – Pabrik penggilingan tebu milik Triono (69) di Desa Ngaglik Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar, terbakar, Senin (2/9). Api pertama kali muncul dari gudang tebu itu langsung menjalar pada sisa penggilingan tebu yang sudah kering.

Informasi yang dihimpun, pertama kali kebakaran diketahui oleh Karyadi karyawan pabrik penggilingan tebu. Sekitar pukul 11.30 WIB saksi melihat semburan api yang berasal dari atap seng pada sisi sebelah timur gudang. Titik api itu berdekatan dengan  tumpukan sepah tebu, dia langsung berlari memberitahukan hal tersebut kepada karyawan yang lain dan mencoba untuk memadamkan api namun api dengan cepat menjalar ke seluruh tumpukan sepah tebu. Pekerja segera menghubungi Polsek Srengat dan petugas pemadam kebakaran.

“Ada empat unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi. Tidak berselang lama api bisa dipadamkan,” ujar Kompol Durrohman Kapolsek Srengat.

Durrohman menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu. Pemilik pabrik hanya mengalami kerugian materiil akibat peristiwa kebakaran. “Untuk jumlah kerugiannya, pihak pemilik pabrik masih menghitungnya,” ujar Kapolsek.

Pabrik penggilingan tebu itu juga memproduksi gula merah berbahan tebu. Sepah bekas penggilingan tebu dipakai untuk bahan bakar membuat gula. Sepah tebu ditumpuk di dalam gudang di pabrik itu. “Yang terbakar hanya ampas bekas penggilingan tebu,” kata Durrohman.

Reporter Zayyin Multazam Sukri

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date