Oshika Maba Unisma 2020, Rektor Tekankan Sikap Kritis

Malang, koranmemo.com – Dalam upaya membangun generasi berkarakter, Universitas Islam Malang (Unisma) mendorong mahasiswa baru (maba) untuk menanamkan sikap kritis. Hal tersebut disampaikan Rektor Unisma, Maskuri, dalam pembukaan Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (Oshika Maba) Unisma 2020, Rabu (30/9).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan secara daring tersebut Masruki mendorong Maba Unisma untuk memiliki sikap kritis dalam persaingan global. Demi mewujudkan generasi yang yang tangguh dan berkarakter dalam membangun peradaban.

Menurut Maskuri, globalisasi memiliki beberapa ciri yang tertanam di masyarakatnya diantaranya, terbuka, ilmiah, kritis, rasional, materialis dan liberal.

Untuk itu Unisma juga mendorong Maba Unisma untuk memiliki daya juang tinggi dalam berkehidupan diera globalisasi. Dorongan tersebut perlu ditekankan untuk membekali mahasiswa sebagai profesionalis yang memiliki jiwa pemenang.

Baca Juga: Gairahkan UMKM, Unisma Berikan Pendampingan UMKM

“Di sinilah mahasiswa digembleng untuk memiliki pola pikir yang luas, metodologi yang bagus, kemampuan literasi, kemampuan melaksanakan riset dan kreativitas tinggi. Yang pada akhirnya bisa mengubah bahkan bukan hanya Indonesia tetapi juga dunia menjadi lebih baik,” ujarnya.

Lanjut Maskuri, dalam Oshika Maba 2020 yang diikuti oleh 3833 maba secara daring tersebut menuturkan Alumni Unisma memiliki intelektual dan moralitas yang bagus karena tertanam sikap hormat kepada orang tua dan guru.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Dua Gedung Baru Unisma

“Dalam bidang ilmiah kita boleh berpendapat tetapi dari sisi sikap dan perilaku kita tetap hormat kepada guru,” pungkasnya.

Reporter: Mokhammad Sholeh

Editor: Della Cahaya