Masa Pandemi, Ini Aturan Jumlah Orang di Tempat Penyembelihan Hewan Kurban

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Menyikapi mekanisme penyembelihan hewan kurban di tengah Pandemi Covid-19 di Kabupaten Kediri, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri menyampaikan perlunya penerapan protokol kesehatan di tempat penyembelihan dan orang yang menyembelih hewan kurban.

Untuk orang yang melakukan penyembelihan diharapkan maksimal tiga orang. Ini untuk penyembelihan kambing dan sapi, adapun bagi mereka yang bertugas untuk memotong daging atau menguliti hewan kurban hanya dibutuhkan 5 orang dan tetap menjaga jarak, mengenakan masker dan face shield.

Drh. Tutik Purwaningsih Kepala DKPP Kabupaten Kediri menambahkan,diharapkan kepada panitia kurban terkait dengan penyembelihan jika hewan kurban tidak disembelih pada saat hari tersebut. Namun bisa dilanjutkan pada keesokan harinya dengan tetap mengedepankan protokoler kesehatan.

Pola ini diterapkan agar tidak terjadi penumpukan kerumunan di lokasi penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Kediri. Dengan maksud tidak terjadi penularan Covid-19 usai dilakukan penyembelihan kurban. Mengingat saat ini di Kabupaten Kediri jumlah warga yang terkonfirmasi Covid-19 semakin bertambah setiap harinya.

Baca Juga: Terkait Salat Idul Adha, Kemenag Koordinasi Dengan GTPP Covid-19 Kab Kediri

“Kita harapkan warga dan panitia memahami kondisi Kabupaten Kediri saat ini dan perlunya secara ketat penerapan protokol kesehatan di tempat penyembelihan hewan kurban. Proses penyembelihan ini dan pelaksanaan di lapangan sudah kami sosialisasikan ke Ta’mir Masjid dan panitia kurban di setiap Kecamatan di Kabupaten Kediri,” ujarnya.

Ditambahkan, pengawasan terhadap pelaksanaan penyembelihan hewan kurban akan dilakukan DKPP sesuai prosedur yang ada dan koordinasi dengan Gugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Kediri. Sementara untuk pengemasan daging hanya perlu dua orang saja demikian juga petugas penyaluran daging ke warga.

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu