Operasi Yustisi, Kapolres Kediri Ingatkan Wajib Pakai Masker

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Polres Kediri bekerja sama dengan TNI, Satpol PP, Kejaksaan, dan pengadilan negeri Kabupaten Kediri melaksanakan operasi yustisi, Senin (14/9).

Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono mengatakan, operasi yustisi ini tujuannya adalah melaksanakan penegakan hukum dan peningkatan disiplin terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19. Sebelumnya kegiatan peningkatan pendisiplinan hanya berupa himbauan dan teguran yang bersifat ringan. Namun untuk kegiatan operasi ini akan lebih tegas lagi dengan memberikan sanksi berupa denda terhadap pelanggar.

“Yang menjadi dasar dalam kegiatan ini adalah penegakan hukum tentang perda provinsi jawa timur no 2 tahun 2020 tentang penyelenggaraan, ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat,” jelasnya.

Lanjut AKBP Lukman, dalam penegakan perda ini yang dikedepankan adalah penyidik PPNS yaitu penyidik Satpol-PP didampingi petugas TNI, polisi, jaksa, dan hakim ketika dilaksanakan sidang ditempat. Selain itu, penegakan hukum dilaksanakan secara rutin di lokasi pada waktu tertentu.

Yang menjadi target bukan hanya perorangan, namun pemilik tempat usaha yang tidak menerapkan protokol kesehatan maka akan dikenakan sanksi.

“Kami berharap dengan adanya operasi yustisi ini akan dapat memberikan efek jera kepada masyarakat sehingga lebih meningkatkan kesadarannya terhadap protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Reporter: Rizky Rusdiyanto

Editor: Della Cahaya