ODP Tembus 39, Satgas Corona Ponorogo Filter Jalur Pintu Masuk

Share this :

Ponorogo, koranmemo.com – Kendati belum terdapat pasien positif Corona, namun meningkatnya jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Ponorogo membuat Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan dan pencegahan virus corona Kabupaten Ponorogo, semakin membatasi masyarakat yang masuk ke Bumi Reyog, Sabtu (21/3).

Dari data di Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, hingga kini pasien positif corona di Ponorogo masih nihil. Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 1 orang, ODP naik dari 24 orang pada tanggal 19 Maret lalu kini menjadi 39 orang, pun dengan Orang Dalam Resiko (ODR) bila 3 hari lalu berjumlah 568 orang kini jumlahnya 646 orang. ” Untuk positif masih kosong. Tapi ODP kita 39, ODR 646 dan PDP 1,” ujar Kepala Dinkes Ponorogo Rahayu Kusdarini.

Filterisasi sendiri dilakukan di jalur masuk Madiun-Ponorogo, yang ada di Mlilir. Dengan alat screening, sejumlah tenaga medis mengukur suhu badan pengandara yang akan ke Ponorogo. Pengendara yang diperbolehkan masuk ke Ponorogo adalah mereka yang memiliki suhu badan di bawah 38 drajat.

Sementara bagi mereka yang memiliki suhu badan di atas 38 derajat dan tercatat ber KTP Ponorogo, akan diperiksa lebih lanjut.

” Yang suhu di bawah 38 derajat kita bolehkan masuk Ponorogo. Yang di atas 38 derajat kita periksa ke puskesmas dulu, apakah kenaikan suhu badan ini mengarah ke corona atau tidak. Tentu dengan penyertaan ciri-ciri batuk pilek, punya riwayat perjalanan ke kota terjangkit, serta adanya gejala pneumonia. Saat ini Ponorogo corona tidak boleh masuk,” jelas Rahayu Kusdarini.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni yang ikut dalam kegiatan filterisasi ini mengungkapkan, jalur masuk Madiun-Ponorogo di Mlilir ini terbilang cukup padat. Untuk itu jalur masuk ini menjadi prioritas Satgas saat ini. Kedepanya, pihaknya akan memberlakukan filterisasi di semua jalur masuk Ponorogo. Seperti di Biting ( jalur Purwantoro-Ponorogo), Wates ( jalur Pacitan-Ponorogo), Sawoo ( jalur Trenggalek-Ponorogo), serta Sampung dan Danyang ( Jalur Magetan-Ponorogo).

” Kita upayakan semua orang yang masuk normal dan tidak terjangkit corona. Makanya kita filter dan screening di jalur masuk. Bagi mereka yang bukan  warga atau KTP Ponorogo suhu di atas 38 derajat kita minta untuk kembali. Hal ini untuk menangkal virus corona dari Ponorogo,” tegas Ipong.

Reporter Zainul Rohman

Editor Achmad Saichu