Obat Alami Migrain Sebelah Kiri, Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

Share this :

Kesehatan, koranmemo.com – Sakit kepala sebelah atau migrain pasti sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi bagi orang-orang yang sibuk bekerja.  Makanya, sebisa mungkin, orang-orang ini pasti menghindari yang namanya migrain.  Kalau sudah terlanjur terserang, agar cepat reda, mereka memilih untuk meminum obat anti nyeri kepala yang instan.  Jadi sekali minum, efeknya langsung terasa.  Namun yang mereka tidak tahu, jika migrain, terutama migrain sebelah kiri sering diabaikan, dan dianggap sakit kepala biasa, ternyata akibatnya bisa fatal.  Karena, ada kalanya migrain itu sebenarnya adalah tanda-tanda untuk penyakit yang lain, yang lebih berbahaya.

Sebelum kita mulai membahas apa yang bisa menyembuhkan migrain, mari kita lihat dulu apa saja penyakit yang menyebabkan terjadinya migrain sebelah kiri.

Penyakit pertama adalah sinusitis.  Ketika mengalami sinusitis, lapisan sinus di kepala sesorang mengalami peradangan yang disebabkan oleh alergi atau infeksi.  Salah satu dampaknya, orang tersebut akan terserang sakit kepala hanya di sebelah kiri, atau yang kita sebut sebaga migrain.

Kemudian yang kedua adalah sakit kepala tegang.  Kalau yang sering begadang, pasti sering sekali merasakan migrain sebelah kiri yang dibarengi dengan sakit pada leher dan bahu. Makanya, sebaiknya hindari yang namanya stress, telat makan dan jaga postur tubuh, jangan sampai otot-oto tubuh menjadi tegang.

Lalu yang ketiga adalah sakit kepala klaster.  Sakit kepala yang satu ini kebanyakan menyerang pria, terutama pria yang bekerja di luar ruangan.  Pasalnya, penyebab munculnya penyakit ni adalah kebiasaan merokok, cuaca panas, dan berada di tempat tinggi.  Jika seseorang terkena penyakit ini, bukan hanya migrain sebalh kiri, penderita juga bisa mengalami hidung tersembut, sakit mata, dan wajah membengkak meski hanya di bebeapa titik tertentu.

Mulai masuk ke penyakit keempat, jadi semakin menyeramkan, yakni tumor otak.  Jika Anda atau kenalan Anda ada yang sering mengeluh migrain sebelah kira, besar kemungkinan dia menderita penyakit tumor otak.  Biasanya, migrain sebelah kiri mulai dirasakan ketika tumor di dalam tengkorak kepala sudah semakin membesar.  Karena tengkorak terlalu sempir, maka tumor ini akan menekan area lain, sehingga menimbulkan migrain.

Yang kelima adalah stroke.  Jika mengalami stroke, maka migrain sebelah kiri pasti tidak bisa dihindari. Hal tersebut disebabkan alirah darah ke area otak tertutup oleh gumpalan darah.  Akibatnya otak sebelah kiri akan kekurangan oksigen dan nutrisi.  Kalau sudah terkena stroke, maka bukan hanya migrain saja yang akan seseorang rasakan, namun juga mati raa, tubuh lemah, kehilangan koordinasi tubuh, dan sangat sulit berbicara.

Kalau sudah mengetahui apa saja penyebabnya, maka kita jadi tahu apa obat alami migrain sebelah kiri dan bagaimana cara kita untuk menghindarinya.

Misalkan saja untuk migrain sebelah kiri karena penyakit sinusitis.  Ketika terkena sinusitis, tidak usah buru-buru meminum obat antibiotik dari dokter.  Coba dulu obat alami migrain sebelah kiri, yakni perbanyak minum air putih atau minum jus yang mengandung banyak air.  Asupan cairan dapat membantu mengencerkan lendir kemudian mengeluarkannya.  Ingat, jangan coba-coba mengkonsumsi kafein atau alkohol saat migrain sebelah kiri menyerang, karena dua jenis minuman tersebut justru dapat membuat dehidrasi dan menambah pembengkakan pada sinus.

Obat alami migrain sebelah kiri yang kedua adalah makan buah nanas.  Enzim bromelain yang ditemukan dalam buah dan batang nanas kemungkinan besar dapat mengurangi peradangan, termasuk sinusitis.  Kalau peradangan dalam sinusitis sembuh, tentu saja migrain sebelah kiri juga akan sembuh  Namun hati-hati, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan karena bisa-bisa setelah sembuh sinusitis Anda akan terserang diare atau sakit perut.

Itu tadi kalau penyebabnya adalah sinusitis.  Tapi kalau migrain yang disebabkan oleh sakit kepala tegang, obatnya berbeda lagi.  Tidak perlu makan yang aneh-aneh, cukup kompres bagian yang  sakit dengan air hangat untuk mengurangi rasa sakit.  Dan sebisa mungkin hindari stress.

Sementara untuk penyebab-penyebab lainnya, karena masalahnya sudah gawat, memang tidak mungkin sembuh total tanpa ada bantuan dari medis.  Namun berikut ini beberapa obat alami migrain sebelah kiri yang bisa dipraktikkan untuk mengurangi rasa sakit ketika migrain menyerang.

Yang pertama adalah peppermint atau chamomile tea.  Obat alami migrain sebelah kiri yang satu ini terbukti ampuh untuk meredakan migrain sebelah kiri.  Aroma dan rasanya yang manis dipercaya bisa memberikan rasa nyaman, sehingga tubuh menjadi lebih rileks.  Ketika menyeduh teh ini, Anda juga bisa menambahkan jenis bunga  lain, sepert rosemary atau lavender yang beraorama wangi dan sering digunakan unruk aromaterapi.

Memanfaatkan aromaterapi memang bisa digunakan untuk obat migraim sebelah kiri.  Sama seperti chamomile tea, aromaterapi juga bisa membuat pikiran Anda tenang dan nyaman.  Ada banyak jenis aromaterapi yang  bisa digunakan, seperti minyak lavender dan minyak chamomile.  Anda cukup mencampurkan beberapa jenis minyak alami kemudian balurkan pada leher dan pundak secara merata sambil dipijat-pijat ringan.

Obat alami migrain sebelah kiri yang selanjutnya adalah almond.  Atau kalau tidak ada almond, Anda bisa mengkonsumsi lada merah atau cabai merah.  Dua bahan alami ini dipercaya bisa menjadi obat alami migrain sebelah kiri yang ampun dan efektif.  Tidak perlu takut mengkonsumsinya mentah-mentah, karena Anda juga bisa menambahkan bubuk cabai atau lada merah pada makanan yang Anda konsumsi.

Cara yang terakhir adalah mengkompres bagian yang sakit dengan cuka apel.  Kalau biasanya cuka apel hanya digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan atau minuman, maka kali ini cuka apel juga bisa jadi obat alami untuk migrain.  Yang harus diperhatikan, caranya berbeda dibandingkan obat lainnya, yaitu tuangkan beberapa sendok makan sari cuka apel ada semangkuk air, rendam kain bersih yang akan Anda gunakan untuk mengompres.  Kalau sudah rata, peras ringan kemudian gunakan untuk mengompres kepala penderita migrain.

Namun yang harus Anda ingat, daripada mengobati, lebih baik Anda menghindarinya sejak awal, yakni dengan pola hidup yang sehat.  Seperti rutin berolahraga.  Dengan rutin berolahraga, maka oksigen dalam otak secara rutin juga akan mengalami pergantian, sehingga sakit kepala tidak mudah menyerang.  Beberapa olahraga yang bisa dipraktikkan adalah berenang atau jogging secara rutin.  Cukup 15 menit sehari saja, maka tubuh Anda akan terasa lebih bugar.

Kemudian jangan lupa untuk istirahat yang cukup.  Jangan sampai kurang tidur sehingga ketika bangun kepala akan terasa sangat sakit.   Agar bisa tidur dengan nyenyak, maka Anda juga perlu untuk mengelola stress.  Hindari stress, maka Anda juga akan terhindar dari migrain sebelah kiri.

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date