NS1 Deteksi Dini Virus DBD

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Penyebaran infeksi virus DBD (Demam Berdarah Dengue) menjadi momok yang sangat menakutkan bagi masyarakat. Terlebih di saat sedang tingginya curah hujan seperti saat ini. Karena itulah Pemerintah Kabupaten Nganjuk bergerak cepat dengan penerapan peralatan canggih guna meminimalisir dampak berbahaya virus tersebut.

Salah satunya adalah penggunaan peralatan canggih dan akurat berupa NS1 di RSUD Kertosono. Alat tersebut diklaim mampu mendeteksi infeksi virus DBD dengan lebih awal, bahkan pada hari pertama demam.

Penyebaran infeksi virus ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, hingga 22 Januari 2019 sudah tercatat sebanyak 127 pasien DB yang dirawat di RSUD Kertosono. Bahkan, ironisnya mayoritas pasien yang terserang adalah anak-anak.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk, Yuni Sophia, di sela-sela kunjungan ke RSUD Kertosono menyampaikan imbauan kepada masyarakat. Istri dari Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidayat ini mengajak masyarakat Nganjuk untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit DBD. Apalagi tingginya curah hujan dikhawatirkan semakin memudahkan nyamuk Aedes Aegepty untuk berkembang biak.

“Mari kita melakukan berbagai langkah pencegahan dan antisipasi sejak dini dengan 3 M (menguras, menutup dan mengubur). Juga memasang kasa nyamuk, memakai lotion anti nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik serta fogging,” himbaunya, Rabu (23/1).

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit jika ada anggota keluarga yang sakit panas. Apalagi saat ini Pemda setempat sudah menyiapkan peralatan canggih seperti yang diterapkan di RSUD Kertosono.  “Mari kita mulai mencegah demam berdarah dari diri sendiri,” tandasnya.

Sementara itu, dr. Tien Farida Yani MMRS, Direktur RSUD Kertosono, Nganjuk, memaparkan di IGD screening kasus DB sudah dilakukan sejak pasien datang. Dengan pemeriksaan darah lengkap dan NS1, sehingga kasus DB sudah terdeteksi sejak awal dan penanganan lebih tepat. “Justru kami yang tercepat memberikan pelayanan dan screening, pasien langsung kita tes dengan NS1,” paparnya kepada wartawan.

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu