Nikmati Air Terjun Baru, Selangab

Nganjuk, koranmemo.com – Destinasi wisata di Kabupaten Nganjuk bertambah setelah ditemukannya Air Terjun Selangab yang terletak di lereng Gunung Wilis. Kendati belum ada bantuan dari Pemda setempat, dengan bermodal semangat para pemuda bekerja bakti menembus hutan guna membuka jalan menuju objek wisata tersebut.

Penelusuran Koran Memo, Gunung Wilis di Dusun Jatisari Desa Blongko Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk, berada sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Nganjuk. Selain terdapat air terjun Sedudo yang sangat terkenal, kali ini warga kembali menemukan air terjun yang mereka sebut dengan air terjun Selangab.

Untuk sementara, jika ingin melihat secara langsung air terjun tersebut maka medan yang dilalui masih tergolong berat. Dari pemukiman warga, masih harus masuk ke dalam hutan sejauh 3 kilometer dan hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua. Pasalnya, jalan yang harus dilalui sangat sempit dan licin. Ketika melintas di jalur ini akan ditemui para pemuda yang beberapa hari ini bekerja bakti membuka jalan menuju air terjun Selangab.

Amalia, salah satu pengunjung, mengatakan sangat bahagia setelah berhasil mengunjungi sekaligus mandi di air terjun Selangab. Meski harus menempuh perjalanan yang sangat berat, seolah semua terbayar saat tiba di lokasi. “Rasa lelah langsung hilang saat sampai di lokasi,” ujarnya.

Pesona air terjun dengan ketinggian 25 meter ini memang dinilai sangat menakjubkan. Lokasinya yang berada di tengah hamparan lahan pertanian dengan sistem terasiring, merupakan letak yang sangat strategis. Warga berpendapat jika wisata ini akan sempurna dengan campur tangan pemerintah, terutama untuk memperbaiki akses jalan ke lokasi.

“Kami berharap agar pemerintah Kabupaten Nganjuk mau turun tangan membantu mengangkat air terjun Selangab menjadi objek wisata andalan di Nganjuk,” tutur Jadi, Jogoboyo desa setempat.

Menurut keterangan warga, dinamakan Selangab karena konon air terjun ini berada di antara tebing yang diberi nama Selangab.

Reporter : Andik Sukaca

Editor : Della Cahaya P.S