Ngancar Zero Kasus Covid-19, Pengunjung Wisata Kelud Disuruh Putar Balik

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Mengira kawasan wisata Gunung Kelud dibuka seperti tahun-tahun sebelumnya saat lebaran Iedul Fitri. Pengunjung dari luar daerah harus putar balik dan tidak boleh masuk kawasan Kelud karena saat ini kawasan di wilayah Ngancar nol kasus Covid-19. Penjagaan Ketat oleh petugas dari Polsek Ngancar bersama Koramil Ngancar dan tim Gugus Tugas Covid-19 Kampung Nanas Desa Sugihwaras.

Kapolsek Ngancar AKP Iwan Setyo Budi menjelaskan, sudah dua tiga bulan sebenarnya kawasan wisata Gunung Kelud ditutup untuk umum. Namun masih ada saja yang belum tahu kalau kawasan ini memang tidak bisa dikunjungi dan hal ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ditambahkan, pengunjung yang menggunakan mobil banyak dari luar daerah seperti Madiun, Surabaya, Malang dan Solo. Lima daerah ini termasuk zona merah dan dihentikan ketika memasuki pintu gerbang pemeriksaan di post pantau Pembatasan Sosial Berskala Desa (PSBB) di wilayah Ngancar.

“Kami berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa dan Gugus Tugas Covid-19 meminta kepada pengendara dan pengemudi dari luar daerah untuk putar balik karena tidak ada kepentingan di wilayah Ngancar. Mereka mengira kawasan wisata Gunung Kelud di buka seperti biasanya, belum sampai tujuan kita minta putar balik,” ujarnya.

Ditambahkan, petugas juga meminta kepada penumpang untuk memperhatikan jaga jarak aman dan pindah ke bagian belakang. Kesadaran warga untuk tidak keluar rumah dan disiplin menggunakan masker tetap harus diperhatikan dan ini merupakan protokol kesehatan yang harus dilalui.

“Dengan maksud mereka  tidak tertular Covid 19 dan ikuti peraturan pemerintah jika ingin selamat. Karenanya tidak perlu untuk pergi kemana mana jika tidak perlu. Untuk berwisata disaat ini kelihatanya momentnya belum tepat dan kita berharap sabar lebih dulu dan menunggu suasana lebih aman,” katanya.

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu