Ngaku Petugas BPR, Sales Bawa Kabur Motor

Blitar, koranmemo.com – Nino alias Ali (27) warga Desa Ngadirejo Kecamatan Wlingi,Senin (31/7) malam dibekuk anggota Satreskrim Polres Blitar Kota setelah melakukan penipuan dan penggelapan sepeda motor Honda Beat AG 4160 lW milik Sri Nurjanah (36) warga Dusun Kemloko Rt 01 Rw 09 Desa Sidodadi Kecamatan Garum Kabupaten Blitar saat berada di Jalan Mendut Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Kini tersangka yang berprofesi sebagai sales snack ini mendekam di sel Mapolres Blitar Kota.

Kapolres Blitar Kota AKBP Heru Agung Nugroho SIK melalui Kasat Reskrim AKP Heri Sugiono SH MH menjelaskan, tersangka ditangkap setelah melakukan tindak pidana penipuan dan pengelapan. “Tersangka akan dijerat dengan pasal 372,378  KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara, ” ungkapnya, Selasa (1/8).

Penangkapan tersangka ini berawal pada hari Selasa (25/7) , sekira pukul 15.00 WIB seorang laki laki yang mengaku bernama Nino dengan ciri-ciri mata sebelah kanan juling mengaku bekerja di PT. BPR (Bank Perkreditan Rakyat) SUMBERDHANA ANDA, saat itu tersangka datang ke warung kopi milik Danang warga Desa Tambakan Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar tempat korban bekerja.

Kemudian tersangka menawarkan, jika membutuhkan pinjaman uang bisa membantu proses kredit di PT. BPR SUMBERDHANA ANDA hanya dengan menggunakan STNK sepeda motor. Dengan perkataan tersangka membuat korban tertarik dan berniat meminjam uang sebesar Rp. 12.500.000,- (dua belas juta lima ratus ribu rupiah) dengan jaminan STNK.

Kemudian tersangka menghubungi korban lewat hendphone dan mengatakan jika pinjaman kredit yang diajukan telah di acc oleh PT. BPR SUMBERDHANA ANDA dan pelapor disuruh menemui terlapor di hotel Anggar Manik Kota Blitar dengan tujuan akan diajak untuk pencairan dana.

“Setelah bertemu, terlapor meminta STNK milik korban kemudian memboncengnya untuk diajak ke kantor PT. BPR SUMBERDHANA ANDA namun sesampainya di Jl. Mendut Kota Blitar tersangka berhenti dan mengatakan jika ada berkasnya yang ketinggalan di Kos nya,” jelasnya.

Saat itu korban diminta menunggu di luar, ketika korban turun dari sepeda motor tiba-tiba tersangka langsung kabur. “Setelah ditunggu tersangka tidak kembali dan sudah tidak bisa dihubungi lagi. Karena merasa telah menjadi korban penipuan dan atau penggelapan selanjutnya pelapor datang ke Mapoolres Blitar Kota,” imbuhnya.

Dari tangan tersangka yang berhasil ditangkap ini petugas mengamankan barang bukti 1 (satu) buah tas punggung warna coklat, 1 (satu) surat keterangan dari WOM Finance, 1 (satu) lembar Fc BPKB, 1 (satu) lembar Fc STNK honda beat nopol AG 4160 lW warna Putih merah tahun 2015 Noka MH1 JFP110FK510312 dan Nosin JFP1E-1546656, serta 2 (dua) lembar slip Permohonan Kredit dari PT BPR SUMBERDHANA ANDA.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.