Ngaku  Buser dan Gelapkan Motor, Warga Kepung Ditangkap Satreskrim Polres Kediri

Kediri, koranmemo.com – SP (36) warga Dusun Mulyorejo Desa Kampung Baru Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri ditangkap Unit Resmob Satreskrim Polres Kediri karena melakukan tindakan pidana penipuan dan penggelapan, Rabu (13/1) sekitar pukul 09.40 WIB.

Kasat Reskrim Polres Kediri AKP Gilang Akbar mengatakan, awalnya pada  Sabtu 17 Oktober 2020, sekitar  pukul 15.00 WIB  pelaku berkunjung ke  rumah korban SY (25) warga Desa Tiru lor Kecamatan Gurah untuk melakukan pembicaraan jual beli sepeda motor korban yang akan ditukar sepeda motor pelaku merk Honda Scoppy, namun saat itu pelaku meminta sepeda motor korban untuk dibawa bersama surat STNK  dengan beralasan istri pelaku ingin sepeda motor korban. ,

“Saat itu korban menunggu pelaku yang membawa sepeda motornya namun tidak kunjung  kembali sampai sekarang dengan identitas sepeda motor surat tanda nomor kendaraan sepeda motor (STNK) sepeda motor Honda Beat nopol AG 5425 EBB dengan harga Rp 17 juta, ” jelasnya.

Setelah  sekitar 1 minggu, lanjutnya, pelaku datang ke rumah korban dengan tujuan menjanjikan pekerjaan kepada korban, namun dimintai uang terlebih dahulu dengan total Rp 7 juta. Meski demikian  pekerjaan yang ditawarkan justru tidak ada, akhirnya total kerugian korban mencapai  Rp 24 juta. Atas perbuatannya, korban langsung melaporkan peristiwa tersebut ke Polres kediri. Mendapat laporan, kata Gilang,

Unit Resmob Satreskrim Polres Kediri melakukan serangkaian penyelidikan untuk penangkalan pelaku terkait tindak pidana penipuan dan penggelapan jabatan.

“Akhirnya sekitar pukul 09.40 WIB, petugas berhasil mengamankan pelaku. Dari hasil introgasi pelaku mengakui telah melakukan tindak pidana dengan modus mengaku anggota Buser untuk mengelabuhi korban,” ungkap AKP Gilang Akbar.

Dijelaskan, dari hasil tindak kejahatan berupa dua sepeda motor yang telah dijual dan digadai oleh KH, YA, dan  AE yang kebetulan ikut diamankan oleh petugas. Selain itu petugas berhasil mengamankan barang bukti satu unit sepeda motor merk Honda Beat nopol AG 5425 EBB, satu lembar STNK, dan satu BPKB.

“Selanjutnya pelaku dan barang bukti diamankan ke Mapolres Kediri untuk menjalani pemeriksaan  lebih lanjut, ” tukasnya.

Reporter: Rizky Rusdiyanto.
Editor Achmad Saichu