Negara Mana yang Tahun Baru Terlebih dahulu?

Share this :

Koranmemo.com – Sebentar lagi tahun 2018 berakhir dan bergantimenjadi tahun 2019.  Karena setiap negara memiliki zona waktunya masing-masing, tahun baru di setiap negara juga tidak terjadi di waktu yang sama.  Rupanya, saat yang ada di Indonesia masih menikmati sore hari di tanggal 31 Desember 2018, ada negara lain yang sudah berganti tahun.

Negara yang pertama kali berganti tahun baru adalah Samoa dan Christmas Island Kiribati. Di Indonesia, saat itu tepat pukul 17.00 WIB.  Berikutnya ada beberapa wilayah di Selandia Baru yang berganti tahun. Kemudian sebagian Rusia, dan Australia.

Negara Asia yang pertama kali berganti tahun baru adalah Jepang dan Korea. Tepat saat pukul 22.00 WIB di Indonesia.  Di Indonesia juga, masyarakat yang ada diwilayah timur Indonesia akan berganti tahun lebih dulu di waktu ini.

Satu jam kemudian, penduduk di wilayah Indonesia bagian tengah berganti tahun baru, bersama dengan Tiongkok, Singapura, dan Filipina.  Indonesia bagian barat akan mengalami tahun baru bersamaan dengan Thailand, Vietnam dan Kamboja.

Di antara yang paling awal dan akhir, urutannya setelah AsiaTenggara ada Asia Selatan, Asia Tengah.  Kemudian bagian lain Rusia, serta negara-negara di Eropa dan Afrika.  Negara di Amerika Selatan, Kanada, danAmerika Serikat menjadi yang memasuki tahun baru setelah yang lainnya.

Lalu, negara mana yang berganti tahun baru paling akhir, ya?

Saat kita sudah menjalani tanggal 1 Januari sampai pukul19.00 WIB, teman-teman kita yang ada di beberapa wilayah Amerika Serikat baru berganti tahun, yaitu America Samoa, Baker Island, dan Howland Island.

Editor:  Della Cahaya