Nataru 2020, Bupati Madiun Ajak Masyarakat Jaga Toleransi dan Rasa Aman

Share this :

Madiun, koranmemo.com -Bupati Madiun Ahmad Dawami mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga toleransi antar umat beragama dan rasa aman pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di Kabupaten Madiun.

Hal ini disampaikan Bupati Madiun Ahmad Dawami saat meninjau pos pengamanan Nataru dan gereja di Kecamatan Mejayan bersama

Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono dan Dandim 0803 Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto, Selasa (24/12).

“Pemkab Madiun bersama jajaran Forkopimda menekankan bahwa rasa aman dan nyaman adalah kebutuhan dasar,” ujarnya.

Menurutnya,toleransi antar umat beragama merupakan hal sangat penting untuk menciptakan Kabupaten Madiun yang kondusif. “Meskipun umat kristiani presentasinya tidak terlalu banyak, namun tetap saja mereka adalah masyarakat kita, sehingga kita harus siap melayani,” ujarnya.

Ditegaskan, Pemkab Madiun bersama jajaran Polri dan TNI berkomitmen memberikan pelayanan yang optimal bagi warga masyarakat yang merayakan Nataru maupun yang tidak.

“Artinya rasa aman dan nyaman ini harus menjadi milik masyarakat Kabupaten Madiun. Kita hari ini patroli menunjukkan kesiap siagaan kita dalam rangka pelayanan pemberian rasa aman terhadap masyarakat,” tegasnya.

Pihaknya juga berharap masyarakat bisa mengendalikan euforia pada perayaan tahun baru. “Artinya di tahun 2020 nanti kita ingin bahagia jangan sampai kita tahun baru ini euforianya keterlaluan,” ucapnya.

Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono menambahkan, patroli bersama sinergi tiga pilar yang dilaksanakan ini guna memastikan situasi menjelang natal. “Tujuannya agar kondusif dan masyarakat merasa aman,” katanya.

Pantauan di lokasi, Polres Madiun bersama Tim Penjinak Bom (Jibom) Detasemen C Brimob Polda Jatim melakukan sterilisasi gereja Katolik Santa Maria Assumpta di Kota Caruban.

“Untuk pengamanannya, setiap gereja disesuaikan dengan jumlah jemaatnya. Semakin banyak jemaat, semakin banyak personil kita,” terangnya.

Reporter Juremi

Editor Achmad Saichu