Napi Kabur Diserahkan ke Lapas

Share this :

Tulungagung, koranmemo.com – Napi lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Tulungagung, Syaifulloh Nursadewa alias Purwoto (33) warga Dusun Candi Desa Talang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung, Senin (31/10) sekitar pukul 10.30 WIB yang sempat kabur diserahkan oleh Satreskrim Polres setempat kembali ke lapas. Penyerahan dilakukan di ruang satreskrim.

Sebelumnya Syaifulloh Nursadewa  yang tercatat sebagai narapidana (napi) kasus pencurian kabur dari lapas pada Sabtu (13/8) sekitar pukul 02.00 WIB. Dia berhasil ditangkap warga sekitar rumah dan dibantu polisi. Purwoto sudah divonis 2 tahun lebih 6 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Tulungagung.

Penyerahan narapidana dilakukan oleh Kasatreskrim AKP Ach Denny Wahyudi kepada Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KKPLP), Abdul Manab.

Ach Denny Wahyudi menjelaskan, saat itu napi kabur dari lapas dengan cara merusak plafon ruang tahanan, lalu ia menyeberang jalan dan sempat sembunyi di makam Ngujang, kemudian ke Sendang. Selain itu, dia juga bersembunyi di alun-alun Kediri. Setelah itu napi melarikan diri ke Jombang, disana ia sempat menyamar menjadi pengamen di terminal selama dua bulan. Narapidana itu melarikan ke Pati Jawa Tengah dan akhirnya kembali ke rumah Sendang. “Kami sudah berkomunikasi dengan warga jika melihat Purwoto langsung lapor polisi,”katanya.

Sementara itu,  Abdul Manab mengatakan Purwoto dipindah ke Lapas Blitar  karena personel keamanannya lebih banyak. Ia menambahkan napi tidak akan mendapatkan sanksi dan hanya melanjutkan sisa hukumannya. (yop/Jb)