Napak Tilas Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman ke-37, Kenang Perjuangan Pahlawan

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Untuk merasakan atau mengerti bagaimana perjuangan pahlawan terkadang kita harus terjun langsung dan merasakan bagaimana kesulitan yang dihadapi para pendahulu kita. Dan sebagai cara untuk menunjukkan semangat pahlawan, Pemerintah Kota Kediri mengadakan Napak Tilas Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman ke-37, dengan start di depan Memorial Park atau Taman Makam Pahlawan Kota Kediri, Sabtu (1/12) pagi.

Sama seperti tahun sebelumnya, peserta dihadapkan dengan rute yang panjang sekitar 37 kilometer dengan finish di Bajulan, Kabupaten Nganjuk. Napak tilas diberangkatkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu. Sebanyak 1021 peserta dari warga, pelajar, santri mahasiswa hingga serta TNI dan Polri mengikuti napak tilas.

Dalam sambutan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Kediri mengatakan, napak tilas ini adalah cara untuk menanamkan rasa cinta tanah air, patriotisme dan mengingat perjuangan pahlawan kita dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

“Kita sebagai warga Kota Kediri harus berbangga, Kota Kediri menjadi salah satu rute yang dipilih oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman saat berjuang secara gerilya pada zaman dahulu,” ujarnya

Dengan napak tilas perjuangan Sudirman yang rutin dilakukan ini, Budwi Sunu berharap semangat patriotisme dan cinta terhadap tanah air akan terus abadi berkobar di dalam dada generasi muda di Kota Kediri.

Pada kesempatan ini Budwi Sunu berpesan kepada peserta napak tilas untuk menjaga sportivitas dan tertib di jalan. “Selamat berlomba dan mudah-mudahan sampai di finish dan tujuan,” pesannya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar menyatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemerintah Kota Kediri. Kegiatan ini selalu antusias diikuti oleh pemuda yang tidak hanya datang dari Kota Kediri. Dalam napak tilas ini terdapat kategori beregu putra, beregu putri dan umum. “Ini wajib kita gelar untuk mengenang jasa pahlawan dan meneladani perjuangan Jendral Sudirman,” ujarnya.

Nur Muhyar menjelaskan nantinya peserta akan melewati 6 pos dimana setiap posnya terdapat 10 tim juri. Untuk mengantisipasi kegiatan yang dilakukan saat musim penghujan seperti saat ini, Pemerintah Kota Kediri telah berkoordinasi mengenai jalur yang akan dilewati dengan pihak Perhutani. Serta telah dilakukan pembinaan kepada peserta.

Sebelum dilakukan pemberangkatan terdapat penampilan teater berjudul Dwi Tunggal Sang Pejuang Jenderal Sudirman.

Acara ini dihadiri oleh Komandan Kodim 0809 Letkol Kav Dwi Agung, Komandan Brigif 16 Wira Yudha Kolonel (Inf) Slamet Riyadi, Ketua KONI Kota Kediri Heru Marwanto, Perwakilan Forkopimda Kota Kediri, Perwakilan LVRI Kota Kediri, dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri.(adv/pemkotkediri)

Repoter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date