Namanya Juga Residivis, Tetap saja….

Sidoarjo, koranmemo.com -Kusmaidin alias Kentang (41) Warga Desa Gemurung, Gedangan, Sidoarjo, mencuri uang majikannya sebesar Rp 138 juta.

Residivis dengan kasus yang sama ini nekat mencuri untuk membayar hutangnya yang mencapai Rp 90 juta.

Pencurian itu  berlangsung di halaman Lapas kelas ll Sidoarjo. Saat itu yang bersangkutan Kusmaidin alias Kentang sedang ditinggal oleh majikannya, berkunjung ke lapas.

Pada saat itu ada tasnya majikan yang sengaja ditinggal dalam mobil, karena memang ada Kusmaidin sang sopir. Melihat ada tas coklat merk Braun Buffel milik majikan, yang bersangkutan mencoba untuk membuka tas tersebut. Dan ternyata tas tersebut ada isinya uang.

“Tas tersebut berisi uang Rp 3 juta, dan mata uang asing Dollar Amerika jumlahnya 10.000 dolar,” terang Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol M. Harris saat merilis tersangka, Selasa, (10/4/2018)

Setelah mengambil uang, pelaku Kusmaidin, langsung meninggalkan mobil, naik angkutan umum. Lalu mata uang asing Dollar Amerika yang  berjumlah 10.000 dolar tersebut ditukarkan oleh yang bersangkutan di money changer Pt. Dipo Valasindo.

“Satu dolar ditukar dengan kurs Rp 13500 rupiah, jadi total uang yang di dapatkan pelaku sebesar Rp 135 juta rupiah,” jelas Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol M. Harris.

Setelah mendapatkan uang hasil penukaran sebesar Rp 135 juta tersebut, pelaku langsung memakai uang tersebut untuk membayar hutang.

Dan sebagian lagi dipakai untuk membeli sepeda motor yamaha jupiter warna hijau, yang berhasil disita anggota Satreskrim Polresta Sidoarjo.

Dan uang sisa yang berhasil disita dari tangan pelaku Kusmaidin sebesar Rp 20 juta. Uang curian tersebut sebagian juga dibagi-bagikan.

“Saat ditangkap oleh anggota Satreskrim Polresta Sidoarjo, uang hasil jarahan sisa Rp 20 juta. Hutang pelaku ini sekitar Rp 90 juta rupiah, menurut pengakuan pelaku hutang itu digunakan untuk judi,” ungkapnya.

Dengan kasus yang sama, tersangka di tangkap Satreskrim Polrestabes Surabaya tahun 2013 dan 2015.

Pelaku akan di jerat dengan pasal 363 KUHP sub 362 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.

Reporter: Yudhi Ardian
Editor: Achmad Saichu
Follow Untuk Berita Up to Date