Musnahkan BB Perkara Narkoba

Jombang, koranmemo.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Jombang memusnahkan sejumlah barang bukti perkara narkoba yang merupakan penyerahan dari Polres Jombang dan polsek jajaran, Jumat (19/7) pagi.

Dari data di kejaksaan, diketahui barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari sabu-sabu seberat 490,95 gram, ganja kering 4,6 gram serta 9 butir pil exstasi.
Selain itu juga dimusnahkan barang bukti obat keras berbahaya (okerbaya) pil dobel L sebanyak 77.765 butir serta seperangkat alat hisap sebanyak 3 dos.

“Jadi yang kami musnahkan hari ini merupakan penyerahan kepolisian yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Jombang Syafiruddin saat diwawancara wartawan usia pemusnahan, Jumat (19/7).

Ditambahkan, barang bukti ratusan gram sabu-sabu, ganja kering, pil ekstasi serta pil dobel L ini sendiri merupakan hasil penyerahan pihak kepolisian antara tahun 2018 – 2019.

“Pil exstasi jumlah aslinya 100 butir dan disisihkan dari hasil laboratorium Mabes Polri sebanyak 9 butir. Jadi yang kita musnahkan hari ini sebanyak 9 butir,” ungkap Kajari.

Syafiruddin menuturkan, barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 108 terdakwa yang telah putus dalam perkara Undang-undang RI No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan dan 62 terdakwa yang telah putus dalam perkara Undang-undang RI No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

“Jombang ini merupakan daerah perlintasan peredaran narkoba. Dari sekian terdakwa ada yang ditetapkan antara 14 tahun sampai 15 tahun. Tergantung dari barang bukti dan perilaku terdakwa sendiri. Jadi kita maksimalkan,” pungkasnya.

Sementara itu dari pengamatan wartawan, metode pemusnahan dilakukan dengan dua cara. Untuk sabu, ganja dan alat hisap dimusnahkan dengan cara dibakar dalam sebuah tong. Sedangkan pil dobel L dimusnahkan dengan cara dilarutkan di air yang kemudian dibuang di saluran air.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date