Musim Pendaftaran, Ini yang Dilakukan Bacaleg

Jombang, koranmemo.com-Sejumlah bakal calon legislatif (bacaleg) mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang, untuk melakukan tes kesehatan sebagai salah satu syarat pendaftaran calon legislatif (caleg) 2019-2023. Ini setelah bergulirnya proses tahapan pendaftaran caleg.

Pantauan wartawan selama dua hari, Selasa (3/7) dan Rabu (4/7), sejumlah kader dari beberapa partai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, mulai mendatangi rumah sakit yang ada di Jalan KH Wahid Hasyim 52 Jombang tersebut.Direktur RSUD Kabupaten Jombang, dr Pudji Umbaran menjelaskan, sejak Kamis (28/6), sejumlah politisi mulai mengajukan permohonan tes kesehatan di rumah sakit plat merah itu.

“Sejak Kamis kemarin mulai berdatangan para calon legislatif dari berbagai partai, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada kita,” kata Pudji saat diwawancarai sejumlah awak media di kantornya, Rabu (4/7).

Sejauh ini, lanjutnya Pudji, pihaknya sudah mencatat tidak kurang ada 100 pemohon tes kesehatan sejak Kamis (28/6) hingga saat ini.

“Kalau jumlah pasti saya belum melakukan kompilasi datanya. Tetapi bisa kita pastikan datanya kurang lebih sudah 100 orang, baik dari Jombang maupun dari luar Jombang, baik untuk DPRD Kabupaten/Kota maupun DPRD Provinsi dan DPR RI,” ungkapnya.

Dikatakan, adanya calon di luar Jombang yang mengurus tes kesehatan di RSUD Jombang ini dikarenakan rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit rujukan regional Provinsi Jawa Timur bagian tengah dan salah satu rumah sakit yang ditunjuk oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para bakal calon legislatif.

“Kita melayani calon legislatif dari Jombang sendiri, dari Nganjuk, dari Kabupaten/Kota Kediri serta Kabupaten Malang,” pungkasnya.

Sementara, calon legislatif dari Partai Demokrat Kabupaten Jombang, Syarif Hidayatullah atau Gus Sentot yang juga terpantau melakukan tes kesehatan mengatakan, ia juga sedang melakukan tes kesehatan untuk kepentingan pencalonannya sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Jombang 2019-2023.

“Persiapannya sama dengan calon yang lain, kami sudah persiapkan semua. Kami kemarin sudah tes kesehatan, ternyata ada tambahan tes kesehatan rohani, ini kita lakukan,” tutup pria yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Jombang ini.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date