Musim Mudik, BPJS Kesehatan Permudah Prosedur Pelayanan

Share this :

Sidoarjo, koranmemo.com Menjelang hari raya Idul Fitri 2017, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sidoarjo menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya. Hal berikut merupakan sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan.

Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran , dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan presedur yang lebih sederhana.

Oleh karenanya, peserta JKN-KIS yang akan mudik diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Kartu Kasehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS dan Kartu Jamkesmas).

Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan presedur yang lebih sederhana.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS kesehatan setempat,” ujar Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sidoarjo dr. Dwi Hesti Yuniarti, Kamis (15/7).‎

Hesti menjelaskan, untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD Rumah Sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Ditambahkan, penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni sampai dengan 2 Juli 2017. Bagi para peserta yang sakit dalam perjalanan mudik maupun telah sampai tujuan, tidak harus melapor ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. “Pelayanan ini hanya berlaku bagi peserta yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif,” jelasnya.

Untuk mengecek iuran peserta, lanjut Hesti, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilhat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile  atau melalui Care Center BPJS 1500400.

Selama libur Lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi paserta, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan layanan.

“BPJS Kesehatan Care Center 1500400 hadir 7×24 jam, sementara  layanan konsultasi kasehatan dapat diperoleh pada Senin Jumat pukul 07.00-2000 WIB,” jelas Hesti.

Perlu diketahui BPJS juga membuka Posko Mudik di 8 titik padat pemudik, yaitu terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, Serta Pelabuhan Merak Banten.

Reporter : Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.