Musim Hujan, BPBD Tetap Droping Air Bersih di Desa Sepawon

Kediri, koranmemo.com – Kendati intensitas hujan sudah tinggi di Kabupaten Kediri, namun untuk droping air bersih di beberapa dusun di Desa Sepawon Kecamatan Plosoklaten terus dilakukan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri. Seperti di dusun Gathok,Dusun Badek dan Dusun/Desa Sepawon Kecamatan Plosoklaten.

Droping air bersih di Dusun Gathok Jum’at (14/2) pagi sebanyak 16.000 liter dan disuplay air setiap hari karena debit air di dusun tersebut tidak naik. Selain itu sumber mata air di perbukitan yang lokasinya tidak jauh dari dusun-dusun di Sepawon juga tersumbat. Biasanya air mengalir dari sumber mata air dan disalurkan dari tandon air besar untuk warga.

Slamet Turmudi Kepala BPBD Kabupaten Kediri mengatakan pantauan tim BPBD Kabupaten Kediri masih perlu pasokan air bersih hingga akhir Februari nanti. Karena kondisi air sumur warga memang kering dan belum ada tanda-tanda debit air naik. Beberapa waktu lalu petugas BMKG dari Bandung pernah melakukan tinjauan ke Desa Sepawon.

“Berdasar data yang kami dapatkan dasar dari sumur warga sebagian besar adalah pasir dan batu akibat letusan gunung berapi puluhan tahun silam dan pasirnya ada hingga sekarang. Karenanya kondisi seperti ini terjadi setiap tahun dan kedalaman sumur warga ini mencapai 15 hingga 25 meter,” ujarnya.

Ditambahkan Slamet, pada tahun ini Pemkab Kediri dijadwalkan membangun sumur bor dengan volume air tinggi untuk disalurkan ke tandon air dan ini koordinasi dengan pemerintah. Pembangunan sumur bor tentu perlu dan penting untuk membantu warga agar tidak kekurangan setiap musim kemarau.

“Sebelumnya sudah dibangun di beberapa desa di wilayah Mojo seperti di Desa Keniten dan Desa Pethok Mojo atau di desa Pagung Kecamatan Semen. Jika nantinya dibangun dan air bisa disalurkan melalui tandon sumur bor ini, tentu warga di Desa Sepawon Plosoklaten tidak krisis air setiap tahunya,” katanya.(adv)

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date