MotoGP Sisakan 5 Seri, Marquez Berpeluang Besar Sabet Gelar Juara Dunia 

Share this :

Aragon, koranmemo.comTampil sebagai juara di MotoGP  Aragon 2018 Minggu (23/9), membuat pembalap Repsol Honda Marc Marcquez semakin kokoh di puncak klasemen sementara. Dengan poin 246 sangat sulit bagi pesaing Marquez untuk bisa mengejar atau mengalahkan pembalap berjuluk The Baby Alien ini.

Apalagi saat ini MotoGP hanya menyisakan 5 seri yakni MotoGP Thailand (7 Oktober 2018:), MotoGP Jepang (21 Oktober 2018),  MotoGP Australia (28 Oktober 2018), MotoGP Malaysia (4 November 2018), MotoGP Valencia (18 November 2018).

 Artinya hanya ada 125 poin maksimal. Sementara saingan terdekat Marquez saat ini yang potensi hanya Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo masing-masing kini sudah mengantongi 174 dan 130. Saat ini antara Marquez dan Dovi selisih 72 poin. Berarti untuk bisa mengejar Marquez, minimal Dovi harus bisa menang di 3 seri yang tersisa itupun dengan catatan Marquez selalu gagal finis.

Demikian halnya dengan Jorge Lorenzo yang kini mengoleksi 130 poin. Dari segi perhitungan angka peluang Lorenzo untuk mengejar Marquez sangat berat dengan selisih poin yang begitu banyak. Apalagi pembalap Spanyol ini juga harus bersaing dengan rekan se-timnya Andrea Dovizioso.  Meskipun motor Ducati saat ini menunjukkan grafik peningkatan yang kompetitif namun nasib buruk belakangan mendera  Lorenzo yang gagal finis karena crash.

 Untuk persaingan dengan Valentino Rossi rasanya juga sangat tidak mungkin meski saat ini The Doctor sudah mengantongi159 poin, namun untuk bisa bersaing dengan Marquez tampaknya sangat  berat, karena motor  yang ditunggangi Rossi saat ini sangat tidak kompetitif. Bahkan yang tampak tidak berdaya mengejar kecepatan yang dimiliki motor Honda.

Dengan membaca peta poin yang ada dan sisa  MotoGP yang tinggal 5 seri tentu sangat sulit bagi Dovi, Lorenzo apalagi Valentino Rossi (yang motornya masih dalam masalah besar) untuk bisa mengalahkan Marquez. Apalagi Marquez sejak awal musim tampil konsisten, cepat dan penuh power.

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date