Modifikasi Ledok Untuk Curi Biji Kopi Warga Blitar

Blitar, koranmemo.com – Ngatijan (48) warga Desa Jombok Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang bersama Alex Revangga (24) warga Desa Mojokrapak Kecamatan Tembeleng Kabupaten Jombang kini diamankan di Mapolres Blitar. Keduanya ditangkap setelah mencuri kopi warga Blitar dengan cara memodifikasi ledok yang digunakan untuk menyelep kopi.

“Kedua pelaku telah kita amankan di Mapolres Blitar guna penyelidikan lebih lanjut,” ujar Kasubbag Humas Polres Blitar, Iptu Muhammad Burhanuddin, Rabu (4/8).

Burhan mengatakan, penangkapan kedua pelaku pencurian itu berawal dari Djami (58) warga Desa Balerejo Kecamatan Wlingi Kabupate Blitar yang merasa dirugikan. Korban melihat, 8 karung yang berisi buah kopi di depan rumah sudah diselep menjadi biji kopi. Namun, hanya menjadi 60 kilogram atau 2 karung dari seharusnya bisa menjadi 230 kilogram.

“Korban pada hari Kamis (29/8) melihat karnaval. Sekitar pukul 13.00 WIB, korban pulang lalu melihat karung buah kopi sudah menjadi selepan biji kopi. Korban bingung lalu bertanya sama menantunya, Purwati yang saat itu ada di rumah,” tambah Burhan.

Purwati mengaku, jika kedua pelaku langsung datang ke rumah karena disuruh korban untuk selep buah kopi. Selain itu pelaku juga meminta bayaran Rp 50.000. Merasa dirugikan, korban kembali menunggu pelaku. Akhirbya, pada Senin (2/8) pelaku kembali melintas dengan ledoknya di depan rumah korban. Seketika korban memanggil pelaku dengan alasan diminta selep jagung.

“Baru sampai di depan rumah, pelaku sadar jika itu rumah korbannya beberapa hari lalu. Kemudian pelaku turun dari Ledok langsung lari. Warga yang sudah menunggu akhirnya mengejar kedua pelaku hingga tertangkap di Dusun Ngolakkan Desa Tegalasri,” jelas Kasubbag Humas Polres Blitar.

Selanjutnya kedua pelaku bersama Ledoknya diamankan oleh warga di depan rumah Lurah Balerejo. Kemudian warga membongkar Ledok milik pelaku, diketahui ada tabung bawah ditemukan sekitar 40 kilogram biji kopi.

“Pengakuan pelaku, biji kopi itu hasil mencuri dengan modus selep buah biji kopi milik Lasemi warga Wlingi. Pelaku juga mengakui melakukan pencurian dengan modus selep kopi milik Djami,” jelas Burhan.

Reporter Zayyin multazam s

Editor Achmad Saichu