Mobil Tabrak Motor dan Pohon serta Rumah, Begini Kondisi 3 Penumpangnya

Share this :

Kediri, koranmemo.com — Mobil berpenumpang jenis minibus Honda Mobilio nomor polisi (nopol) D 1721 AEO yang dikemudikan Suwandi (43) asal Desa Kartoharjo Kecamatan/Kabupaten Nganjuk, menabrak sepeda motor dan pohon. Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) terjadi di Jalan KH Wahid Hasyim Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Sabtu (28/12) siang.

Menurut Kanit Laka Satlantas Polresta Kediri, Ipda Cahyo Widodo Cahyo, saat mengemudikan mobil, Suwandi tidak sendiri. Dia (Suwandi) bersama Enis Faizah (45) asal Desa Bogo Kecamatan/Kabupten Nganjuk dan Arjunina (37) asal Desa/Kecamatan Berbek.

Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), sebelum terjadi laka lantas mobil tersebut melaju di Jalan KH. Wahid Hasyim dari utara menuju selatan. “Sesampainya di depan rumah Dapur Ayam Geprek Bu’e Jalan KH. Wahid Hasyim Kelurahan Mojoroto, tiba-tiba laju mobil oleng,” jelasnya.

Diduga, kata Ipda Cahyo, Suwandi mengalami microsleep (mengantuk) yang menyebabkan tidak bisa mengendalikan laju kendaraan. Laju mobil yang oleng ke kiri mengakibatkan mobil menabrak sepeda motor Yamaha Mio nopol AG 5669 CB milik Novikha Losiana (44) asal Kelurahan Bandar Lor Kecamatan.

Meskipun menabrak sepeda motor, laju mobil baru berhenti setelah menabrak pohon yang berada di depan rumah makan tersebut. “Mobil mengalami kerusakan di bagian depan kiri. Beruntung, Novikha sedang tidak mengendarai sepeda motornya sehingga tidak menimbulkan korban jiwa,” tuturnya.

Sementara itu, lanjutnya, Suwandi dan Enis tidak mengalami luka, namun Arjunina mengalami luka ringan dan dibawa ke Rumah Sakit (RS) Ratih untuk mendapatkan perawatan. “Tidak ada korban, hanya luka ringan dan kerugian materiil. Ini bahayanya kalau pengemudi mengantuk,” imbuhnya.

Ipda Cahyo menjelaskan, jika sedang perjalanan dengan jarak tempuh cukup jauh, lebih baik pengemudi maupun pengendara beristirahat dalam kurun waktu 3 jam sekali. Bila perlu, ada pengemudi cadangan sehingga bisa saling bergantian.

“Jangan memaksakan diri bila kondisi fisik tidak fit, salah sedikit fatal akibatnya. Selain itu, jaga jarak aman dengan pengendara lain dan patuhi semua rambu-rambu lalu lintas. Tak kalah penting, cek kondisi kendaraan mulai dari rem, lampu, dan fisik kendaraan serta berdoa sebelum memulai perjalanan,” pungkasnya.

Repoter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor : Achmad Saichu