Minta Jadwal Pelayanan Dibagi

Bupati Sidak Dispendukcapil

Jombang, Memo –┬áBupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) setempat, Jumat (3/6) pagi. Sidak dilakukan untuk melihat pelayanan pengurusan administrasi di kantor tersebut yang belakangan bayak dikeluhkan warga lantaran antre yang panjang. Nyono meminta petugas Dispendukcapil membagi jadwal harian pelayanan administrasi. Baik untuk pengurusan E-KTP, Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, maupun pelayanan administrasi lainnya.

Sidak Bupati di Kantor Dispendukcapil, Jumat (3/6) (agung/memo)
Sidak Bupati di Kantor Dispendukcapil, Jumat (3/6) (agung/memo)

Petugas diminta membagi jadwal pelayanan. Untuk hari Senin dan Selasa, khusus untuk pelayanan pembuatan KTP. Untuk hari Rabu dan Kamis pelayanan pembuatan akte kelahiran. Sedangkan hari Jumat untuk pelayanan administrasi umum. “Kami juga meminta pelayanan juga dibuka di 4 eks kawedanan di Jombang. Yakni di Eks Kawedanan Jombang, Ploso, Ngoro, dan Mojoagung. Itu supaya masyarakat tidak jauh dan tidak lama menunggu antrean seperti selama ini,” kata Nyono kepada wartawan, di lokasi.

Nyono menambahkan, buruknya pelayanan disebabkan minimnya mesin pencetak yang dimiliki kantor setempat. “Menurut keterangan yang saya peroleh dari petugas, masih ada 6 mesin pencetak. Untuk itu kita akan berusaha untuk menambahnya,” pungkas Nyono.

Sebelumnya, pelayanan pengurusan administrasi kependudukan Dispendukcapil Kabupaten Jombang dikeluhkan oleh warga. Sejumlah warga harus rela berangkat pagi buta untuk sekedar memperoleh nomor antrean kecil. Selain itu pengurusan Kartu Keluarga (KK) juga tidak tuntas dalam 14 hari kerja. (ag)

 

Follow Untuk Berita Up to Date