Minimalisir Balap Liar, Satlantas Polresta Malang Kota Akan Terus Gelar Razia

Malang, koranmemo.com – Dalam upaya meminimalisir maraknya aksi balap liar di Kota Malang, Satlantas Polresta Malang Kota akan terus melakukan razia rutin di titik-titik rawan.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution menuturkan, pihaknya akan terus melakukan razia balap liar meskipun saat ini aksi balap liar di Kota Malang sudah mulai menurun.

Tanpa harus menunggu berkumpulnya pelaku maupun penonton aksi balap liar, pihaknya akan menerjunkan personel untuk melakukan razia.

“Setiap harinya kita upayakan di titik-titik mereka rawan balap liar. Kita tempatkan satu unit Patwal ataupun PM, bekerjasama juga dengan masyarakat yang saat ini rajin menginformasikan ke aplikasi Jogo Malang,” tuturnya.

Menurutnya, Jalan Soekarno Hatta dan Gor Ken Arok adalah titik lokasi terbanyak terdapat aksi balap liar. Apabila dilaporkan terdapat aksi balap liar, pihaknya akan langsung mendatangi lokasi. Setidaknya jika tidak berhasil menangkap pelaku, aksi balap liar akan membubarkan diri.

“Jika ditemukan balap liar, pasti akan kita amankan. Kendaraan yang tidak sesuai standar pasti kita amankan lebih dulu,” tambahnya.

Selanjutnya, Satlantas Polresta Malang Kota akan menindak pelaku aksi balap liar dengan memberikan Pendidikan Masyarakat Lalu Lintas (Dikmas Lantas).

“Kita lakukan penindakan dengan Dikmas Lantas. Kita juga akan panggil orang tuanya supaya orang tuanya juga bisa lebih memahami,” tuturnya.

Rama menambahkan, banyak masyarakat yang mengaku kewalahan dalam melarang anaknya untuk ikut aksi balap liar. Untuk itu, dia mengimbau, kepada setiap orang tua untuk tidak memberikan izin pada anaknya yang belum cukup usia untuk mengendarai kendaraan bermotor.

Reporter: Mokhammad Sholeh
Editor: Della Cahaya