Meski Pandemi Corona, Camilan Lebaran Tetap Laris

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Satu pekan menjelang idul fitri, toko penjual kue kering murah di kota blitar mulai diserbu oleh pembeli. Meski tengah dalam kondisi pandemi corona, dalam sehari para pedagang mampu meraup omzet penjualan hingga jutaan rupiah.

Deretan toko penjual kue kering di Pasar Pon Kota Blitar ini sejak beberapa hari terakhir mulai ramai diserbu pembeli. Aneka kue kering dipajang rapi di bagian luar toko, untuk menarik minak konsumen.

Adapun kue lebaran yang dijual seperti keripik kentang, kripik pisang, kue kering, kue kuping gajah, dan berbagai kue khas lebaran lainnya. Puluhan pengunjung lebih memilih membeli kue di pasar karena harga yang murag dan banyaknya jenis kue kering.

Kuriatul Ulwiyah, salah satu pedagang kue lebaran mengungkapkan kiosnya sudah ramai sejak satu pekan lalu. Para pembeli memilih berbelanja jauh hari untuk menghindari banyaknya antrean pembelian jelang lebaran. Selain itu juga untuk menghindari kenaikan harga menjelang lebaran

Para penjual kue kering sendiri mengaku telah menambah stok barang, walaupun lebaran kali ini bebarengan dengan wabah covid-19. Menurut pedagang, meski saat ini ekonomi tengah lesu namun tradisi menyediakan kue atau camilan lebaran tetap berjalan.

Kue lebaran ini dijual dengan harga Rp 8 ribu hingga Rp30 ribu. Dalam sehari para pedagang camilan lebaran ini mampu meraup omzet penjualan Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. Meski demikian pendapatan yang diperoleh tersebut jauh menurun jika dibandingkan dengan momen Hari Raya Idul Fitri tahun lalu.

“Menyediakan kue lebaran ini sudah menjadi tradisi, meski sanak saudara tidak bisa mudik, namun pemilik rumah tetap menyiapkan kie lebaran,” ungkap Kuriatul Ulwiyah.

Meski di tengah pandemi corona, para pedagang ini tetap optimistis penjualan kue kering akan tetap meningkat hingga Hari Raya Idul Fitri 2020 tiba. Kuriatul dan pedagang lainnya berharap wabah corona segera berakhir sehingga aktivitas bisa kembali berjalan normal.

Reporter: Nuramid Hasjim

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date