Menjaga Keseimbangan Alam

Share this :

Kediri, Koranmemo.com –Umat Hindu dari Kota dan Kabupaten Kediri melakukan sembahyang Murwadaksina, Minggu (18/2). Sembahyang tersebut dilaksanakan di areal Taman Tirtayasa Kota Kediri.

Pengawas pendidika agama Hindu Kabupaten Kediri, Murtaji, mengatakan, sembahyang ini dilakukan untuk menyeimbangkan alam dan terjaganya kedamaian bagi seluruh umat manusia.

“Menyeimbangkan antara jasmani dan rohani agar tetap terjaga keseimbangan alam semesta ini. Biasanya,  sembahyang ini sering disebutkerahayuan jagad,” ujarnya.

Dia menuturkan, sembahyang ini dilakukan secara pangider jagad atau menurut arah mata angin sejak tanggal 14 Januari lalu. Berawal dari arah utara di Candi Rimbi yang ada di Kabupaten Jombang. Setelah itu berlanjut ke arah timur di Candi Sapto Malang. Kemudian ke arah barat di Candi Lor Nganjuk, dan di arah selatan bertempat di Candi Sanggrahan Tulungagung.

“Sedangkan di tengah yaitu Kediri, ada dua tempat,  Prasasti Watu Tulis Brumbung Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dan di Taman Tirtayasa ini,” tuturnya.

Sembahyang yang dipimpin oleh Pandita Dharmika Sandi Kertajaya itu berlangsung dengan khusuk. Dalam rangkaian sembayang tersebut, diramaikan juga oleh penampilan kesenian jaranan dan Reog Ponorogo. Selain itu, hadir pula wayang semar yang berukuran raksasa yang dikenal dengan sebutan Ki Semar Pamomong Nusantara.

Reporter : Yachya Muchamad

Editor: Gimo Hadiwibowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.