Menjaga Gizi Seimbang dengan Konsep “Piring Makanku” ala Nutrisionis

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Di rumah saja kini sudah menjadi kebiasaan anyar di masa pandemi Covid-19. Tetapi meski lebih banyak di rumah menjaga gizi seimbang harus tetap diperhatikan.

Yenny Irasari, AMG, nutrisionis RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar pun memberikan tips agar gizi makanan tidak kurang dan tidak lebih. Salah satunya dengan menerapkan konsep Piring Makanku untuk memenuhi gizi seimbang.

“Isi piring makanku terdiri setengah porsi makan sayur dan buah aneka jenis dan warna. Seperempat porsi piring makan diisi protein seperti telur, ayam, ikan dan daging,” kata Yenny.

Selain itu, lanjutnya seperempat porsi piring makan diisi karbohidrat seperti beras atau biji-bijian. Terakhir, minyak sehat terdapat pada zaitun, kedelai, jagung hingga kanola. “Hindari minyak yang mengandung lemak jenuh,” katanya. Dan jangan lupa istirahat yang cukup dan tidak bergadang serta konsumsi air putih 8 gelas per hari minimal.

Sementara, kata Yenny lagi sumber zat gizi yang dibutuhkan tubuh seperti protein karena sebagai tulang punggung pertahanan tubuh Protein terdapat pada telur, susu, yogurt, susu, kedelai, ikan dan daging. Ada juga sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. “Ada juga vitamin A sebagai pengatur organ kekebalan tubuh untuk kulit, saluran pencernaan dan paru-paru. Itu terdapat pada buah dan sayur warna oranye terang, merah dan hijau. Ubi, wortel, paprika merah, telur dan aprikot,” katanya.

Untuk vitamin C, katanya lagi berguna untuk menjaga kekebalan tubuh dan merangsang pembentukan antibodi. Ini terdapat pada aneka jeruk, strawberry, pepaya, paprika merah dan sehat. Sementara vitamin E berguna untuk menunjang peran vitamin C menjaga kesehatan.”Vitamin E terdapat pada biji-bijian utuh atau sereal yang diperkaya biji-bijian seperti bunga matahari, minyak sayur dan kacang-kacangan,” kata perempuan berjilbab ini.

Yang lebih penting lagi, lanjut Yenny adalah Seng untuk mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan antibodi. Terdapat di daging tanpa lemak, unggas, makanan laut, susu, biji-bijian dan kacang-kacangan. Ada juga probiotik berguna untuk menjaga sistem pencernaan makanan agar tetap sehat. Ini terdapat pada yogurt, kefir.

“Dan untuk memaksimalkan kerja probiotik dianjurkan konsumsi sayur, buah, hingga kacang-kacangan,” katanya.

Baca Juga: Menjaga Gizi Seimbang dengan Konsep “Piring Makanku” ala Nutrisionis

Baca Juga: Tips Agar Tubuh Sehat, Kebal Penyakit dan Tangkal Virus Corona

Satu yang harus dicatat menurut Yenny konsumsi makanan bergizi, berdampak tingkat energi. Dan yang lebih penting lagi olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Selain itu jaga fisik dan mental agar tetap baik. Imun yang rendah bisa berpengaruh ke fisik dan mental dan ujung-ujungnya rawan terpapar virus corona.

“Kuncinya perhatikan pola makan dan pola hidup. Selain itu patuhi protokol kesehatan seperti bérmasker, cuci tangan, jaga jarak,” pungkas perempuan ayu ini.

Reporter : Abdul Aziz Wahyudi
Editor : Della Cahaya