Menjadi Terbaik se Jawa dan Bali, TPID Kota Kediri Terima Studi Banding dari Tangsel

Kediri, koranmemo.com – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri kembali menerima studi banding TPID dari luar daerah. Hari ini, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Kediri Enny Endarjati menyambut secara langsung kedatangan rombongan TPID Kota Tangerang Selatan (Tangsel) di Ruang Command Center Balaikota Kediri, Selasa (20/08).

Keberhasilan TPID Kota Kediri dalam mengendalikan inflasi Kota Kediri hingga menjadi TPID terbaik kawasan Jawa Bali di tahun 2016, 2017, dan 2018 menjadikan TPID Kota Tangerang Selatan melakukan studi banding di Kota Kediri.

Dalam paparannya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Enny Endarjati menjelaskan inflasi di Kota Kediri dari tahun ke tahun. Bahkan tahun 2015 dan 2016 inflasi di Kota Kediri merupakan yang terendah se-Jawa Bali yakni sebesar 1,71% dan 1,3%. Sedangkan pada tahun 2018 inflasi Kota Kediri sebesar 1,97% merupakan terendah se-Jawa.

Lebih lanjut, dijelaskan terkait strategi TPID Kota Kediri dalam pengendalian inflasi adalah dengan memperkuat koordinasi anggota TPID dan memaksimalkan pelaksanaan strategi 4K dengan sungguh-sungguh. Apabila ada gejolak terhadap harga pangan dan non pangan di Kota Kediri, secepatnya TPID Kota Kediri akan bergerak untuk merumuskan kebijakan penanggulangannya.

Dalam acara yang sama, Ketua rombongan TPID Kota Tangerang Selatan Musni Ahyani menyampaikan terima kasih atas sambutan dan penerimaan rombongannya dalam studi banding ke Kota Kediri ini.

 Ketua rombongan TPID Kota Tangerang Selatan yang juga sebagai Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Kota Tangerang Selatan ini menyampaikan bahwa harapan pengendalian inflasi di Kota Tangerang Selatan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, sehingga bukan hanya untuk mendapatkan award saja, namun kestabilan inflasi daerah dapat ditingkatkan.

TPID Kota Tangerang Selatan selama ini telah melakukan banyak terobosan dalam pengendalian inflasi. Namun, menurut mereka sepertinya masih perlu untuk disempurnakan. Hal inilah yang menjadi salah satu tujuan dari studi banding ini.

“Kami juga sebetulnya sudah banyak inovasi-inovasi yang sudah dilakukan. Namun barangkali dengan kita belajar dari Kota Kediri nanti ini, kita sebetulnya tahu evaluasi diri. Sebetulnya apa yang masih kurang dari kami dan barangkali bisa belajar dari Kota Kediri,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini anggota TPID Kota Kediri, perwakilan BPS Kota Kediri dan 15 orang rombongan TPID Tangerang Selatan. (Adv)

Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date