Menikmati Masakan Laut dari Kabupaten Jombang

Share this :

Konsep Seperti Pantai, Jadi Obat Rindu Selama Pandemi Covid-19

Jombang, koranmemo.com – Pecinta makanan laut yang tinggal di sekitar Jombang mungkin sudah tidak asing dengan warung ini. Mereka tidak perlu jauh-jauh sampai ke pantai untuk menikmati makanan laut yang segar dan lezat. Warung yang dikelola oleh Joko Fattah Rachim ini sudah bisa memuaskan lidah mereka. Dia bahkan sengaja memasang banner berukuran bergambar pantai untuk mempertegas jika masakan di warungnya tidak kalah dengan makanan laut yang ada di dekat pantai.

Warung bernama Gubuk Iwak Segoro ini berada di Jalan Kapten Piere Tendean, Desa Pulo Lor, Kecamatan Jombang. Warung ini menyediakan berbagai jenis bahan olahan ikan laut seperti tongkol, cumi-cumi, hingga kepiting.

Joko mengatakan, guna menyajikan hidangan khas pantai itu, dia mendapatkan bahan-bahannya dari kota-kota dekat dengan laut langsung, seperti Sidoarjo dan Madura.

Untuk memasaknya, ikan diletakkan di atas tungku dengan memakai bara api berupa arang dari batok kelapa dan tongkol jagung agar kualitas daging terjaga.

“Menu ikan bakar asap ini setelah sudah matang, akan disajikan bersanding dengan beragam jenis sambal spesial sesuai selera pemesan. Seperti sambal terasi, sambal kecap hingga sambal matah,” ujarnya, Minggu (25/10).

Menurutnya, di Jombang belum ada rumah makan yang menyediakan masakan ikan asap yang biasanya banyak dijual di pantai.

Untuk itu, di warungnya tersebut juga dipenuhi dengan ornamen-ornamen yang menggambarkan suasana pantai. Ia menginginkan, masakannya itu bisa sedikit mengobati kerinduan pelanggannya terhadap suasana pantai.

“Berhubung ini kan lagi masa pandemi Covid-19, para pelanggan tidak usah berlibur ke pantai dulu. Kami sajikan menu-menu khas pantai. Terutama menu ikan asap dan ikan bakar itu,” ujarnya.