Mengenang Perjuangan Melawan Belanda 14 September di Hotel Yamato Surabaya

Share this :

Surabaya, koranmemo.com – Salah satu momen perjuangan di Surabaya yakni peristiwa pada 14 September 1945 dengan insiden ┬áperobekan Bendera Belanda menjadi merah putih, Kamis (14/9).

Fragmen peristiwa itu ditampilkan lagi. Peristiwa bermula ketika sekelompok orang Belanda yang dipimpin oleh Mr. Pluegman mengibarkan bendera Merah Putih Biru di puncak sebelah kanan hotel.

Para pejuang Indonesia khususnya arek-arek Suroboyo melakukan perlawanan dengan bertindak melawan para sekutu Belanda dan diakhiri dengan perobekan warna biru pada bendera Belanda, yang berwarna merah, putih dan biru, dengan demikian bendera itu menjadi merah putih yaitu bendera Republik Indonesia. Insiden perobekan bendera belanda itu juga mengakibatkan terbunuhnya Mr. Pluegman.

Acara kilas balik di Hotel Yamato, yang saat ini sudah berubah menjadi Hotel Majapahit ini dihadiri para veteran, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini serta Kapolrestabes Kombes Pol M Iqbal. Mereka mengenakan pakaian ala pejuang yang membuat terciptanya suasana pada kejadian saat dulu.

Sebelum dilaksanakan teaterikal kilas balik perobekan bendera Belanda, terlebih dulu dilaksanakan upacara bendera yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu perjuangan.

” Saya harap acara ini bisa membangkitkan semangat seluruh pemuda di Indonesia untuk selalu menjaga keutuhan negara Indonesia agar tidak terjajah kemabali oleh bangsa lain,” kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani.

Reporter: Ahmad Alamudin

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz