Mengenal Wisata Lokal Sumber Amber Kabupaten Blitar

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Masih belum banyak orang yang tahu tentang keberadaan Sumur Amber atau juga sering disebut Sumber Amber. Wisata lokal ini berada di Desa Kandangan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar.

Sumur Amber adalah tempat pemandian yang bersumber dari mata air alami. Menurut Khabib Jauhari Mustofa, warga yang rumahnya tidak jauh dari lokasi Sumur Amber, konon dulunya ada seorang yang menggali dengan maksud membuat sumur. Namun baru beberapa meter menggali, air sudah keluar dan sampai keluar di permukaan. Maka dari itu diberikan nama Sumur Amber.

Dia menjelaskan, walaupun Sumur Amber belum secara tuntas tertata sebagai tempat pariwisata. Namun jumlah pengunjung yang datang bisa dibilang tidak sedikit.

“Kalau menghitung jumlah pastinya belum pernah ya. Tapi kalau diperkirakan bisa sampai puluhan setiap harinya,” katanya, Minggu (15/11).

Pengunjung yang datang ke Sumur Amber bukan hanya berasal dari warga sekitar saja. Melainkan juga dari luar daerah seperti Kediri dan Tulungagung.

“Dulu sebelum ada virus corona, sempat pemuda bersepakat untuk menarik parker di area sumber. Saat itu jika pengunjung ditanya dimana, jawabnya ada yang dari Kediri juga Tulungagung,” tambahnya.

Banyak juga pengunjung yang datang bersama keluarga untuk bermain air dan berenang, Sumur Amber sendiri memiliki dua kolam yang berbeda. Satu kolam untuk dewasa dengan kedalaman kurang lebih satu setengah meter dan satu kolam lainya yang memiliki kedalaman kurang dari satu meter yang diperuntukan bagi anak-anak kecil.

Selain suasana yang masih alami, juga terdapat banyak ikan-ikan kecil didalam kolam. Jadi pengunjung bisa merasakan sensasi terapi di sekujur tubuh saat berendam.

“Sebagai pemuda sekitar, jelas saya berharap nantinya Sumur Amber bisa menjadi objek pariwisata dan melibatkan SDM sekitar sebagai penegelola. Melihat potensi di Sumur Amber yang cukup besar,” pungkasnya.

Reporter: saifudin/abdul aziz wahyudi
Editor: Della Cahaya