Mengenal Galaksi Messier 77 yang Pernah Dikira Nebula

Koranmemo.com – Sekitar 62 tahun cahaya dari Bumi, ada sebuah galaksi bernama Galaksi Messier 77 terletak di rasi bintang Cetus.  Pada tahun 1780, galaksi ini ditemukan oleh seorang Astronom Prancis bernama Pierre Méchain.  Saat menemukannya pertama kali, dia mengira benda antariksa itu adalah nebula.

Pierre Méchain kemudian mengabarkan penemuannya pada Charles Messier, rekannya sesama astronom dari Prancis.  Dari penyelidikan lanjutan dan teknologi saat itu, Charles Messier menyimpulkan bahwa benda langit itu adalah sekelompok bintang.

Galaksi berbentuk spiral ini dikenal juga dengan nama NGC 1068, LEDA 10266 dan Cetus A.  Galaksi ini dapat dilihat dari Bumi dengan menggunakan teleskop biasa.  Bentuknya seperti bola terang yang agak kabur.   Bentuk spiralnya baru terlihat jelas saat dilihat dengan teleskop dan teknologi yang lebih canggih.

Galaksi Messier 77 termasuk galaksi yang besar.  Galaksi ini lebarnya sekitar 170.000 tahun cahaya.  Bagian terang yang berada di tengah-tengahnya selebar sekitar 120.000 tahun cahaya.  Galaksi yang besar ini juga memiliki gaya gravitasi yang besar.  Gaya gravitasi itu membuat benda-benda langit yang ada di sekitarnya menjadi melengkung.

Editor:  Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date