Meme ‘TUMAN’ Jadi Sarana Sosialisasi

Jombang, koranmemo.comMeme ‘TUMAN’ dengan dibubuhi beragam tulisan sempat ramai di media sosial beberapa waktu lalu. Viralnya meme tersebut juga dimanfaatkan sebaga alat sosialisasi pengawasan pemilihan umum 2019 di Kabupaten Jombang oleh Forum Pengawas Pemilu Kecamatan se – Jombang.

Meme ‘TUMAN’ dicetak dalam bentuk stiker berukuran 10 sentimeter x 5 sentimeter tersebut bertuliskan “Awas…!!! Jangan Terprovokasi Menyebar Kebencian Dan Berita Bohong (Hoaks) Untuk Pemilu 2019”.

Tidak ketinggalan, dalam meme juga tergambar karikatur dua orang berkepala gundul, lengkap dengan tulisan TUMAN. Tidak hanya itu, di pojok kiri atas stiker juga terdapat logo dan tulisan Bawaslu Kabupaten Jombang.

Pembagian brosur sosialisasi pemilu ini dilakukan oleh Forum Pengawas Pemilu se-Kabupaten Jombang di traffic light simpang empat taman Kebonrojo, Kecamatan Jombang, pada Rabu (27/3) pagi.

“Tujuannya supaya masyarakat tidak termakan kabar hoaks,” kata Koordinator Forum Pengawas Pemilu se- Kabupaten, Sugeng Riyadi saat diwawancara wartawan disela aksi.

Sugeng menambahkan, sosialisasi dengan cara sebar brosur dan penempelan ke pengguna jalan merupakan cara yang efisien dan tepat sasaran.

“Kalau stiker kan bisa ditempelkan, kalau brosur bisa dibaca dibawa pulang. Sasaran kita di jalan raya, baik di kecamtan kita lakukan juga di pasar,” sambung pria yang juga menjabat sebagai Ketua Panwascam Gudo ini.

Awaludin Susanto (36), salah satu pengguna jalan mengatakan, sosialisasi tersebut dinilai sangat bermanfaat bagi dirinya karena bisa lebih memahami soal pemilu. “Masyarakat bisa lebih mengetahui,” tuturnya.

Sementara itu, selain stiker dengan meme ‘TUMAN’, bahan sosialisasi juga dibagikan dalam bentuk brosur berisi ulasan pasal 280 UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum terkait larangan-larangan kampanye.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Achmad Saichu