Membudayakan Hidup Bersih, Pemkab Blitar Sebar Papan Imbauan

Blitar, koranmemo.com – Pemerintah Kabupaten Blitar menyebar papan imbauan dilarang membuang sampah sembarang. Sebanyak 20 titik dipasang oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, pada tempat yang rawan warga membuang sampah sembarangan.

Kasi Persampahan DLH Kabupaten Blitar, Eko Harnanto mengatakan, sebanyak 20 titik papan imbauan antaranya berada di Kecamatan Garum, Kecamatan Kanigoro, Kecamatan Sutojayan, dan Kecamatan Kademangan. Pemasangan papan imbauan itu bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

“Papan imbauan kami pasang di titik – titik yang cukup rawan terjadi pembuangan sampah sembarangan. Seperti di pinggir – pinggir sungai, atau kali kecil. Harapannya, kesadaran masyarakat untuk hidup bersih semakin tumbuh dan menjadi budaya,” katanya saat ditemui koranmemo.com, Selasa (19/11).

Pemasangan papan imbauan itu juga mendukung program Pemerintah Kabupaten Blitar yakni Blitar Libas Sampah Plastik (Balistik). Eko menambahkan, kebanyakan sampah yang dibuang di titik – titik rawan adalah sampah rumah tangga, seperti sampah plastik, dan pampers.

“Sampah – sampah ini tidak mungkin bisa terurai, kalaupun bisa butuh waktu ratusan tahun bahkan jutaan tahun. Selain itu, sampah – sampah ini bisa menghambat aliran sungai, pengairan pertanian juga terhambat,” jelasnya.

Lebih lanjut Eko mengaungkapkan sampah sebagai musuh bersama. Maka, dia mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama memerangi sampah. “Ayo bersama kita menjaga lingkungan bersih dengan membuang sampah pada tempatnya karena sampah adalah musuh bersama,” pungkasnya.(Adv kominfo kabupaten Blitar)

Reporter Zayyin Multazam
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date