Memakai Masker Saat Berolahraga Tidak Dianjurkan, Begini Alasannya

Share this :

Tulungagung, koranmemo.com – Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung, dr. Kasil Rokhmad menjelaskan protokol kesehatan diterapkan melindungi masyarakat dari paparan virus Covid-19 saat di tempat umum. Utamanya saat berbincang ataupun berkerumun. Dimana hal itu bisa mencegah penularan Covid-19.

Kendati demikian, menurutnya, jika orang tersebut sedang sendiri atau berolahraga, dia tidak perlu memakai masker.

“Tapi tetap bawa dulu, karena nantinya tetap memerlukan masker saat sedang berada di ruang publik dan berbicara dengan orang lain,” jelas dr. Kasil Rokhmad, saat ditemui di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Kamis (1/10)

Lebih lanjut, pria yang juga merupakan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tulungagung ini menuturkan, penggunaan masker bagi masyarakat yang sedang berolahraga membuat kebutuhan oksigen yang dihirup kian meningkat.

Baca Juga: Kedapatan Membawa Narkoba, Pria Asal Ngunut Digelandang Aparat

Hal itu juga turut menyebabkan karbondioksida yang dikeluarkan juga tinggi. Terlebih saat menghembuskan nafas, dr. Kasil meyakini sisa-sisa karbondioksida masih menempel pada masker yang digunakan. Jadi hal itu bisa mengakibatkan masyarakat rawan untuk keracunan karbondioksida mereka sendiri.

“Jadi di satu sisi kita ini melakukan pencegahan dan satu sisi oksigen kita harus juga terpenuhi. Demi kepatuhan dan sanksi, yang penting kita bawa masker dulu aja kemana-mana. Pemakaiannya sesuai situasi dan kondisi.” imbuhnya.

Baca Juga: Ekskavasi Candi Gedog Dilanjut untuk Temukan Pusat Candi

dr. Kasil turut mengomentari pemakaian masker scuba di ruang publik usai merebaknya isu pelarangan penggunaan masker jenis scuba.

“Masker scuba tidak ideal. Tapi penggunaannya tidak dilarang, yang penting masyarakat mau menerapkan protokol kesehatan. Namun kalau masyarakat punya yang bukan scuba, saya sarankan pakai yang tidak scuba,” tuturnya.

Reporter : Mochammad Sholeh Sirri
Editor : Della Cahaya