Mekanisme Pembagian Rapor Diserahkan MKKS

Share this :

Kediri, koranmemo.com — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri berkoordinasi dengan kepala sekolah jenjang sekolah dasar (SD) membahas penilaian kenaikan dan Kelulusan siswa. Sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan terutama pemberian nilai kepada siswa yaitu Surat Edaran (SE) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Menurut Kepala Disdik Kota Kediri, Siswanto, pedoman tersebut yaitu SE Kemdikbud Republik Indonesia (RI) Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan pada masa darurat penyebaran Covid-19.

“Sudah dilakukan koordinasi dan rapat dengan kepala sekolah serta perwakilan guru melalui video conference. Nanti, untuk hasilnya yaitu laporan nilai (rapor) yang diberikan kepada orang tua siswa, mekanismenya diserahkan pada Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Untuk yang SMP sudah,” ujarnya, Kamis (7/5).

Sesuai dengan SE Kemdikbud, untuk kenaikan kelas ditentukan berdasarkan nilai harian yang telah dilaksanakan sebelum masa darurat penyebaran wabah Covid-19. Selain itu, penilaian berdasarkan nilai yang diperoleh guru kelas atau guru bidang studi dari proses pembelajaran dari rumah.

Sedangkan terkait kelulusan, lanjutnya, untuk kelulusan siswa SD ditentukan berdasarkan nilai rapor kelas 4, 5, dan nilai semester ganjil kelas 6. “Insyaallah untuk penilaian tidak ada masalah, karena ada dukungan dari pemerintah yaitu penyampaian materi melalui televisi disertai sisipan tugas. Tapi diusahakan, tidak membebani siswa,” ujarnya.

Siswanto mengatakan, selain nilai rapor kelas 4, 5, dan nilai semester ganjil kelas 6, jika satuan pendidikan telah melakukan ujian semester genap kelas 6, baik melalui sistem dalam jaringan (daring) atau dalam bentuk lainnya, maka bisa dijadikan nilai tambahan untuk kelulusan.

Sementara untuk kelulusan siswa SMP ditentukan pada nilai rapor pada 5 semester terakhir. Namun bagi sekolah yang sudah melakukan ujian semester genap kelas 9 baik secara daring atau dalam bentuk lain dapat dijadikan nilai tambahan untuk menentukan kelulusan.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date